caption trialgame

Cara Tepat Rawat Jas Hujan!

Wednesday, 10 November 2021

Cara Tepat Rawat Jas Hujan!


Salah satu perangkat yang wajib dimiliki oleh para pengendara motor saat musim hujan tiba adalah jas hujan.  Tapi pernahkah Anda merasa, jika jas hujan Anda tidak memiliki tingkat keawetan yang cukup lama? padahal jas hujan yang Anda gunakan bukanlah jas hujan yang berharga murah juga. Ternyata jas hujan memiliki tips perawatan khusus lho agar tetap nyaman dan awet saat digunakan. Apa saja sih tipsnya? Yuk simak bersama.

Yang pertama adalah membersihkan jas hujan setelah digunakan.  Hal ini karena air yang menempel bisa bikin jas hujan lembab dan lama untuk keringnya. Bahkan air yang menempel bisa membuat jas hujan nampak kotor. Ini karena air yang menempel bisa saja tercampur dengan lumpur dan debu akibat guyuran air dari ban belakang motor. Setelah dibersihkan, jangan sengaja didiamkan atau tidak dikeringkan ya. Gunakan kain pembersih berserat yang bisa menyerap lebih banyak air.

Oh iya jika ingin mencuci jas hujan motor, hindari penggunaan deterjen ya. ni dikarenakan di dalam deterjen, terdapat bahan-bahan kimia yang berpotensi merusak kualitas bahan jas hujan itu sendiri. Nah cara yang paling aman adalah dengan membilas dan mencucinya menggunakan air bersih atau sabun cuci piring.

Setelah mencuci, hal yang harus dilakukan adalah mengeringkan jas hujan motor tersebut.Tetapi harus diingat, jangan asal menjemur jas hujan motor sembarangan. Jangan langsung dijemur tepat di bawah paparan sinar matahari. Hal ini karena bakal berpengaruh ke daya tahan hujan motor tersebut. Jadi cukup keringkan dengan cara tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

Dan yang terakhir adalah lipat jas hujan dengan rapi dan masukkan ke dalam tas khusus yang mudah dibawa.  Tapi jika jas hujan tidak digunakan dalam jangka waktu lama, simpanlah jas hujan dalam keadaan bersih dan kering. Oh iya hindari menyimpan jas hujan di bawah jok ya, karena bisa menutupi saluran udara dan ini Ini bisa menyebabkan gangguan pada proses pembakaran. Efek lainnya juga dapat menyebabkan jas hujan menjadi kaku sehingga mudah rusak atau robek.

 

comments

`