TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Cegah Aus Pada Baut Panel Motor

Tips & Tricks 16.12.2020

Cegah Aus Pada Baut Panel Motor 


Baut Aus atau dol atau slek, merupakan musuh utama bagi mereka yang gemar mengutak-atik motor trail. Hal ini bisa menyebabkan masalah baru yang nantinya akan membuat Anda mengeluarkan biaya ekstra agar bisa melepas baut maupun membuat ulir baru ke tukang las maupun tukang bubut. Nah melalui artikel ini kami akan berikan beberapa tips agar baut-batu pada motor trail Anda tetap aman saat dibuka.

Yang pertama adalah menggunakan kunci shock atau kunci T.  Hal yang vital dan utama adalah menggunakan kunci shock atau kunci T. Gunakan kunci shock atau kunci T yang berkualitas. Kesalahan utama yang banyak dilakukan adalah menggunakan kunci ring atau kunci pas untuk membuka baut pada motor. Padahal setiap baut memiliki torsi atau daya buka yang berbeda.  Kunci pas atau kunci ring hanya digunakan untuk beberapa baut kecil atau baut yang ulirnya pendek, sisanya kita harus menggunakan kunci T atau kunci shock.

Bila diperhatikan, sudut dari kunci ring terlalu banyak dan sudut dari kunci pas kurang menjanjikan. Oleh karena itu, pilihan yang paling aman adalah menggunakan kunci T atau kunci shock yang sudutnya sama banyaknya dengan sudut kepala baut.

Hal yang perlu diingat dalam menggunakan kunci shock atau kunci T ketika kita mengencangkan baut adalah kita tidak boleh mengencangkan baut dengan sepenuh tenaga, karena khawatirkan akan menyebabkan ulir atau drat dari baut menjadi aus atau slek.

Selanjutnya adalahm embersihkan ulir atau drat baut dari kotoran maupun karat yang menempel. Gunakan cairan anti karat seperti WD-40, kemudian Anda bisa memukul-mukul kepala baut dengan palu seperlunya untuk merontokan debu maupun karat. Cara ini banyak dilakukan di beberapa tempat termasuk di bengkel.

Oh iya usahakan membuka baut dari murnya ya. Ini merupakan anjuran yang sebaiknya dilakukan. Diketahui atau tidak, nyatanya torsi ketika membuka baut dari kepala baut dan membuka baut dari mur baut ternyata berbeda. Mur baut memiliki torsi lebih kecil ketimbang kepala baut. Itu sebabnya saat membuka as roda, yang dibuka adalah area murnya dan bukan kepala asnya.

Dan yang terakhir adalah atur posisi kunci T atau kunci shock dengan baik saat Anda membuka baut. Usahakan untuk stabil dan tidak miring ya. Hal ini bertujuan agar kepala baut terkena torsi yang merata dari kunci T atau kunci shock. Anda  tidak dianjurkan untuk memiringkan kunci shock atau kunci T, karena hal tersebut berpotensi membuat kepala baut menjadi aus.  

 

Berita terkait

News
Teknis Kendaraan 15.02.23

Kenalan Dengan Ban Balap Kelas..

Ini Ban Supermoto Yang Banyak Dipakai Pebalap Dunia Banyak ban yang beredar saat ini menawarkan beragam kelebihannya. Masing-masing mengklaim lebih...

News
Teknis Kendaraan 14.02.23

Pembaruan Mutakhir Motor Adventure Italia!

Pembaruan Mutakhir Motor Adventure Asal Italia Pabrikan motor asal Italia, Ducati baru-baru ini meluncurkan pembaruan dari salah satu motor adventure...

News
Teknis Kendaraan 13.02.23

Komponen Rem Kelas Sultan!

Komponen Pengereman High End Supermoto Buat Anda yang memodifikasi motor trail menjadi supermoto, perubahan pada kaki-kaki tentu saja hal yang...