caption trialgame

Cek Ban Supermoto (Khususnya Rider Trial Game Asphalt)

Friday, 24 April 2020

 

Untuk merubah motor trail Anda menjadi supermoto, mutlak diperlukan penggantian ban. Ban tahu atau ban offroad yang biasa digunakan, harus diganti dengan menggunakan ban yang bisa menapak dengan sempurna di lintasan aspal.

Nah jika ingin mengganti menjadi supermoto, Anda harus menentukan tipe profil yang akan digunakan. Karena profil ban berpengaruh pada tingkat kenyaman dan ketabilan pada saat berkendara. Apa sih profil ban itu?

Profil ban adalah ukuran yang biasanya terpampang pada bagian samping ban motor. Contohnya 80/90-17. Angka pertama tersebut menunjukkan lebar ban motor dalam satuan milimeter.Sedangkan angka kedua artinya adalah rasio tinggi ban yang dipakai angka ketiga adalah lingkaran atau diamater dari ban tersebut.

Tidak hanya mempengaruhi dari segi tampilan, pemilihan profil tinggi ban bisa menentukan kestabilan atau kenyamanan di motor.Prinsipnya semakin rendah rasio tinggi ban, maka pelek dengan permukaan jalan akan lebih dekat. Hasilnya tinggi motor akan sedikit berkurang dan membuat bantingan motor jadi lebih keras saat dipakai.

Nah jika Anda berencana untuk menggunakan supermoto ini untuk kegiatan sehari-hari maka sebaiknya menggunakan rasio tinggi ban yang standar saja, agar tetap nyaman. ukuran standar rasio tinggi biasanya adalah 90. Tapi hal ini tidak berlaku bagi mereka yang berorientasi balap atau turun dalam ajang lomba. Biasanya mereka akan memilih angkat rasio yang lebih rendah sehingga lebih stabil saat melakukan manuver.

Oh iya jika Anda ingin merubah motor Anda menjadi supermoto dan kemudian berencana untuk ikut berlomba di ajang Trial Game, jangan lupa bahwa kompetisi ini memiliki standar tersendiri yang harus diikuti oleh para pesertanya.

Untuk ukuran ban kelas FFA diwajibkan ring 16 / 17 minimal depan 110, belakang 130 dengan ukuran velg minimal depan lebar 250, belakang lebar 300, jenis ban balapan aspal produksi bebas. Sementara untuk ukuran ban kelas trail diwajibkan ring 17 minimal depan 90, belakang 100 dengan ukuran velg minimal depan lebar 215, belakang lebar 250, jenis ban balapan aspal produksi bebas. Nah jadi jangan salah pilih ukuran ya, sayang kan jika ternyata Anda harus membeli ban baru lagi jika ingin mengikuti Trial Game.

comments

`