caption trialgame

Ciri-Ciri Karburator Yang Perlu Disetting Ulang

Saturday, 13 April 2019

   Kendati perlahan banyak yang mulai beralih menggunakan teknologi injeksi, namun penggemar motor trail karburator masih banyak juga. Karburator sendiri memiliki pengaruh yang penting terhadap performa motor. Dia berfungsi sebagai alat yang mencampurkan bensin dan udara yang menuju ke mesin.

   Cara kerja sistem injeksi dan karburator memang berbeda. Pasalnya sistem injeksi membutuhkan perangkat elektronik seperti Injector yang ditugaskan untuk menyemprotkan bensin ke ruang bakar secara seimbang, sehingga konsumsi bahan bakar bisa lebih irit. Sedangkan sistem karburator masih mengandalkan hisapan yang diperoleh dari pergerakan piston dan silinder yang nantinya bisa distel sesuai kebutuhan.

   Ada beberapa kasus yang mengharuskan Anda untuk setting ulang karburator agar performa motor tetap optimal. Kaburator yang tersumbat sudah pasti akan membut mesin motor trail tidak berfungsi dengan semestinya. Ada beberapa ciri-ciri karburator yang harus di setting ulang, apa saja itu? Silahkan simak ulasan berikut ya.

   Kotoran yang menggumpal akan menghembat suplai angin yang masuk ke dalam karburator, sehingga membuat tenaga mesin berkurang. Apabila ini terjadi, maka Anda wajib melakukan penyetelan karburator agar nantinya karburator bisa bekerja secara maksimal dalam menyuplai angin ke ruang bakar.

   Selain sebagai sistem pembakaran, karburator juga berpengaruh dalam menghidupkan mesin. Sering kali mesin tidak bisa hidup dikarenakan settingan karburator yang salah, jadi lebih baik melakukan penyetelan ulang agar mesin bisa langsung menyala saat di starter.Sering kali mesin brebet saat dikendari pada rpm rendah. Hal ini bisa terjadi karena setelan angin yang tidak tepat pada karburator.

   Meyetel karburator sebenarnya sangat mudah. Anda melakukannya sendiri tanpa perlu datang ke bengkel. Lagi pula menyetel karburator tidak membutuhkan komputer, karena semuanya bisa dilakukan secara manual hanya menggunakan obeng. Inilah alasan banyak orang lebih memilih motor karburator, karena perawatannya lebih mudah dan biaya perawatannya lebih terjangkau. Lantas bagaimana cara menyetel karburator yang efektif ? ada 7 langkah mudah yang akan kami beberkan pada artikel-artikel lainnya ya.

comments

`