caption trialgame

Cocok Ngga Sih SM/MX Pakai Lever Guard?

Wednesday, 7 September 2022

Cocok Ngga Sih SM/MX Pakai Lever Guard?


Pemilik motor trail kerap kali memasang beragam asesoris pada tunggangan mereka, kendati sebagian besar merupakan asesoris hiasan tapi ada yang berfungsi sebagai perlindungan dan wajib dimiliki dalam situasi tertentu. Nah salah satu asesoris yang berfungsi memberikan perlindungan adalah lever guard. Aasesoris jenis ini sebenarnya bisa digunakan pada setiap jenis motor namun yang paling banyak menggunakannya adalah motor sport atau motor adventure.

Biasanya level guard ini sering tertukar dengan hand guard. Padahal keduanya berbeda. Dari segi desain lever guard terbilang lebih ramping dan elegan. Lever guard juga dibuat dengan menggunakan bahan stainless steel dan alumunium, sehingga bobotnya terbilang ringan namun tetap kokoh. Aksesori ini sering kita jumpai pada motor dengan gaya sport fairing.

Sementara untuk hand guard memiliki bentuk yang lebih besar, aksesori pelindung ini terdiri dari 2 bagian. Perangkat ini  menggunakan bahan almunium, babet dan besi full. Agar lebih terlihat bentuk dan fungsinya ditutup menggunakan bahan plastik. Bobot pada perangkat hand guard lebih berat dari lever guard.  Biasanya aksesori hand guard terpasang pada stang kemudi motor trail, offroad atau adventure yang tentunya melindungi tuas dan tangan dari benturan di jalur offroad.

Nah perangkat lever guard yang terpasang pada bagian kanan setang kemudi difungsikan untuk melindungi tuas rem dari resiko tekanan saat bersenggolan atau crash.  Tanpa adanya lever guard motor bisa berhenti mendadak saat bersenggolan dengan motor lain. Aksesori ini hanya digunakan pada sisi kanan dengan alasan, sisi kiri tuas kopling tidak terlalu berbahaya saat tertekan ketika bersenggolan. Maka dari itu jika Anda menggunakan motor trail Anda untuk berkompetisi misalnya dalam kejuaraan Trial Game atau Trial Game Asphalt, asesoris ini penting untuk digunakan ya.

Untuk memasang lever guard ini terbilang mudah. Bahkan, bisa dilakukan sendiri di rumah. Di sini Anda perlu menyiapkan kunci-kunci seperti obeng plus atau L5 dan kunci 8mm. Ketika memasang lever guard maka bandul atau stabilizer stang tidak lagi bisa terpasang. Perlu diingat, dalam pemasangan lever guard, posisi ujung lever guard harus sejajar dengan tuas rem atau kopling agar dapat menahan benturan dari depan.  Selain itu, mengingat banyaknya pilihan aksesori lever guard, pastikan Anda menggunakan aksesori yang original dengan kualitas yang dapat dipercaya.

comments

`