caption trialgame

CRF 250 Rally Ada Clone-nya?

Friday, 1 May 2020

 

Jika suatu produk menjadi populer dan laris, biasanya dalam beberapa saat akan muncul produk tiruan atau lebih parah lagi produk clonenya. Beberapa waktu lalu, saat Iphone X pertama kali dirilis, muncul clone kopian yang secara tampilan sama persis, namun ternyata onderdil dan operating systemnya.

Nah salah satu produk yang kemudian ditiru oleh pabrikan otomotif China yaitu Honda CRF Rally 250. China memang jago dalam meniru sebuah produk, termasuk produk otomotif seperti sepeda motor. Cross 250 yang diproduksi Chongqing Xcross Motorcycle yang bermarkas di kota Chongqing, China bentuknya mirip dengan CRF250 Rally milik pabrikan asal Jepang yakni Honda.

Perbedaan yang paling utama tentu adalah harga. Jika Honda CRF250 Rally dijual dengan kisaran harga di atas 75 juta. Maka clone motor ini hanya dibandrol dengan harga 600 sampai dengan 100 dollar saja. yup, variant paling murahnya bahkan gak sampe 10 juta rupiah.

Secara tampilan, bila diperhatikan kemiripan terlihat dari bagian depan hingga belakang, bahkan warna yang meyelimuti bodi juga dibuat mirip dengan paduan warna merah, putih, biru dan hitam. Ketika kita duduk dijoknya pengendara akan disuguhkan meter cluster yang bentuknya sama persis dengan CRF250 Rally.

Perbedaan signifikan juga terlihat pada bagian kaki-kaki. Motor ini menggungkan shockbreaker, bagian depan menggunakan model teleskopik yang dipasang cover, sementara Honda CRF250 Rally menggunakan shockbreakerdengan model upside down. Sedangkan pada suspensi belakang, biarpun sama-sama menggunakan monoshock, tapi desain lengan ayunnya berbeda.

Menurut halaman resminya Cross 250 memiliki dimensi panjang 2.200 mm, lebar 810 mm, dan tinggi 1.220 mm. Sementara Honda CRF250Rally punya ukuran panjang 2.210 mm, lebar 900 mm, dan tinggi 1.425 mm. Selain itu, CRF250 Rally menggunakan ukuran velg 21 dan 18, sementara tiruannya itu pakai velg berprofil 19 dan 16 inci. Hal tersebut makin terlihat jelas jika Cross 250 lebih kecil.

Nah perbedaan dimensi ini ternyata mempengaruhi urusan dapur pacunya. CRF250 Rally menggendong mesin 249 cc berpendingin cairan DOHC satu silinder dengan output 24,4 dk di 8.500 rpm dan torsi puncak 22,6 Nm di putaran 6.750 rpm yang dikawinkan ke transmisi manual 6 percepatan.

Sedangkan Chongqing Xcross Cross 250 menggunakan mesin 223 cc berpendingin udara satu silinder yang dapat mengeluarkan tenaga maksimal 16 dk di 7.500 rpm dan torsi maksimal 16,5 Nm di 6.000 rpm ke model transmisi yang sama. Sehingga jika dibandingkan di atas kertas, motor pabrikan Honda ini lebih bertenaga karena mengusung kubikasi yang lebih besar. Yah maklum saja sih, dari harga jual saja sudah berbanding jauh.

Lantas apakah motor ini layak untuk dibeli? Jika perbandingannya dengan motor aslinya, tentu saja tidak, karena secara performa sudah pasti jauh. Anda yang mengharap performa yang sama pasti bakal kecewa. Namun jika dibandingkan dengan brand China lainnya atau brand lokal, mungkin bisa menjadi salah satu alternatif piliha.

 

comments

`