caption trialgame

Cuci Motor Demi Hindari Penyebaran Virus

Tuesday, 31 March 2020

 

Dalam kondisi saat ini, dimana wabah virus corona menyebar dengan cepat, dianjurkan bagi Anda untuk tinggal di rumah. Namun ada beberapa kondisi yang memaksa Anda harus meninggalkan rumah dan beraktivitas di luar, sehingga rentan terkena ekspose.

Pada artikel sebelumnya, kami telah membahas apa yang harus dilakukan sebelum Anda masuk ke rumah setelah bepergian dari luar. Nah tapi jangan lupa juga tunggangan Anda ya. Jaga juga kebersihannya, apalagi jika ternyata sempat di parkir di tempat parkir umum. Anda tidak tahu, siapa dan apa yang menyentuh motor trail kesayangan Anda. Nah melalui artikel ini kami akan coba untuk mengurai cara mencuci motor yang ideal sehingga bersih dengan sempurna.

Nah yang pertama pastikan kondisi mesin dan saluran pembuangan/knalpot telah dingin sebelum dicuci. Maka dari itu kami sarankan, Anda untuk membersihkan diri dulu sambil menunggu kondisi motor trail Anda dingin.

Siapkan segala alat pembersih mulai dari selang, air dan beragam lainnya. oh iya jika menggunakan sabun atau cairan pembersih pastikan tigak mengandung amonia ya, karena akan merusak body lho. Jangan gunakan juga sikat kawat atau kain yang mengandung serat besi yang bersifat mengikis.

Lindungi komponen koil, CDI, lubang knalpot dan tangki bahan bakar yang terbuka jika Anda menggunakan semprotan bertekanan tinggi. Air yang masuk ke bagian-bagian tersebut sudah pasti akan membuat masalah pada motor trail Anda.

Bilaslah motor menggunakan busa/spons dengan campuran air dingin dan sabun khusus sepeda motor atau shampo. Jika perlu, gunakan sedikit solar pada kain untuk menghilangkan oli atau grease yang menempel pada bagian motor trail Anda.

Setelah mencuci, siram dengan air bersih untuk mengilangkan sabun, kotoran dan residu yang dapat merusak komponen kendaraan. Gunakan kain lembut atau kanebo untuk mengeringkan air di motor. Jangan tunggu air hingga kering karena dapat merusak permukaan yang dicat.

Setelah kering, berikan pelindung korosi seperti WD40 atau Chain Lube di bagian rantai, gir, leher knalpot, baut, mur dan lainnya, untuk mencegah terjadinya karat. Hidupkan mesin dan tunggu beberapa menit. Panas dari mesin akan membantu mengeringkan area di sekitarnya.

Untuk perlindungan ekstra, semprotkan cairan disinfektan pada motor trail Anda tapi jangan lupa untuk mengeringkan kembali dengan lap, karena beberapa cairan disinfektan ada yang bersifat korosif.

 

comments

`