caption trialgame

DERETAN MOTOR SPECIAL ENGINE 2019

Thursday, 7 February 2019

Motor trail special engine dirancang untuk mengeluarkan tenaga yang besar, maklum saja motor jenis ini kerap digunakan untuk berpartisipasi di beragam macam jenis lomba. Nah di tahun 2019 ini para produsen motor trail berlomba untuk mengeluarkan produk terbaru mereka. Masing-masing tentu mengklaim memiliki motor trail special engine yang terbaik, tapi mana sih yang patut diperhitungkan? Melalui tulisan ini kita mencoba mengulas beberapa motor trail special engine 450cc rilisan pabrik-pabrik ternama. Kita simak ulasannya ya.

Pabrikan Honda merilis beberapa jenis motor trail special engine di tahun 2019 ini, tapi untuk kategori mesin 450cc, mereka memiliki dua jenis yaitu HONDA CRF450RWE dan HONDA CRF450R. CRF450RWE adalah jenis high end yang dilengkapi dengan beragam asesoris tambahan dengan merk-merk terkenal. Tidak heran jika kemudian harganya yang dipatok cukup tinggi, yaitu hampir menyentuh angka 12 ribu dollar.

Sementara CRF450R boleh dibilang menjadi pilihan terbaik jika Anda ingin memilih Honda. Dengan menggunakan frame serta swingarm yang berbeda dengan edisi tahun lalu, motor trail ini juga mengalami sedikit perubahan pada sistem elektriknya, dengan menambah beberapa fitur tambahan yang membantu seperti Launch Mode. CRF450R juga memiliki desain mesin yang berbeda pada bagian tengahnya sehingga kapasitas oli menjadi bertambah.

Sementara itu setelah berhasil memenangkan beragam kejuaran dunia supercross pada 2018 lalu, Husqvarna cukup percaya diri hanya dengan sedikit melalukan perubahan pada rilisan terbaru motor trail special engine mereka yang berkode FC450. Tidak ada perubahan berarti dari sisi mesin, Husqvarna hanya merubah sedikit tampilan pada frame yang terkesan lebih kokoh serta memberikan bodi kit dengan desain yang lebih diperbarui.

Berbeda dengan Husqvarna, Kawasaki memberikan perubahan terbanyak pada motor trail special engine mereka dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Kawasaki KX450 kini dilengkapi dengan electric starter serta valve train dan double overhead cam layout yang lebih canggih. Kopling motor ini menggunakan sistem hidrolik, yang sebelumnya tidak pernah digunakan pada motor trail keluaran pabrik Jepang mana pun. KX450 akhirnya meninggalkan sistem suspensi yang lama dan digantikan dengan per baja yang dilapisi oleh titaniun nitride untuk menambah kekuatannya.

Untuk tahun 2019 ini Suzuki juga tidak melakukan perubahan pada motor trail special engine mereka. Suzuki RM-Z450 telah mengalami perubahan drastis tahun lalu dengam merubah bentuk frame, menggunakan fork coil spring dan menambah kapasitas mesin. Sayangnya motor ini masih tetap tidak memiliki electric starter dan menjadi satu-satunya motor trail special engine 450cc yang masih menggunakan kickstart.

Yamaha YZ450F adalah motor trail special engine yang menggunakan teknologi tercanggih saat ini. Anda tidak perlu membuka toolbox untuk mengutak atik spesifikasi mesin pada motor trail ini. Karena YZ450F dilengkapi dengan sinyal wifi sendiri yang memungkinkan siapa saja yang memiliki smartphone dan kode modifikasi, untuk bisa merubah EFI Mapping pada mesinnya. Luar biasa bukan?

comments

`