caption trialgame

Eh Aki Kering Motor Trail Ternyata Bisa Dicas Lho

Tuesday, 21 March 2023

Eh Aki Kering Motor Trail Ternyata Bisa Dicas Lho


Baterai atau aki mempunyai fungsi yang sangat penting pada motor trail Anda. Komponen ini menjadi sumber daya yang dibutuhkan oleh sistem kelistrikan. Jika kondisinya menurun maka akan timbul sejumlah masalah. Anda bisa mendeteksi kondisi aki lewat beberapa gejala. Misalnya, ciri aki yang lemah antara lain lampu instrument cluster mulai redup dari biasanya. Kemudian ketika mesin dalam posisi langsam putarannya mengalami naik turun. Pada kondisi yang lebih parah,  malah motor tak lagi bisa distarter.

Kejadian-kejadian seperti itu tentunya akan mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Maka sebenarnya para ahli menyarankan sebaiknya kondisi aki dicek secara rutin. Pastikan tegangannya tak kurang dari 12,5 volt. Hal itu akan semakin mudah dilakukan seandainya sepeda motor sudah dilengkapi dengan fitur voltmeter. Tapi jika belum solusinya adalah menggunakan alat multitester.

Nah bagi Anda pengguna aki kering ternyata jenis aki ini bisa dicas juga lho. Sebelumnya mungkin masyarakat mengetahui pengecasan hanya berlaku untuk aki basah. Padahal di lain sisi sebenarnya aki kering juga bisa dicas.

Hal tersebut justru dianjurkan sebagai bagian dari perawatan karena aki akan mengalami discharge. Sebagai informasi, salah satu ukuran bagus atau tidak sebuah aki adalah kemampuan menahan discharge tersebut. Menurut pantauan, beberapa produsen baterai atau aki kendaraan kini juga menawarkan alat untuk mengecas aki bagi konsumennya. Harganya variatif, mulai dari Rp200 ribuan sampai Rp1 juta ke atas.

Ada harga, ada rupa. Charger yang lebih mahal biasanya memiliki fitur lebih banyak. Misalnya mendukung untuk digunakan pada aki motor Eropa yang dikenal memiliki soket berbeda. Mengingat harganya yang mencapai ratusan ribu, pertanyaannya apakah layak untuk memiliki charger aki sendiri di rumah? Jika Anda memiliki sepeda motor lebih dari satu rasanya cukup pantas untuk memiliki barang tersebut.

Ada beberapa tips yang bisa diperhatikan jika Anda benar-benar memutuskan untuk membelinya. Pertama, jangan cepat tergoda produk yang menawarkan kemampuan pengisian daya dengan ampere besar.  Ampere yang besar, contohnya di atas 10 memang bisa mempercepat durasi pengecasan. Misalnya untuk aki 4,2 ampere hanya dibutuhkan waktu 30 menit sampai 60 menit sampai penuh. Tapi di sisi lain bisa bikin aki cepat rusak. Untuk penggunaan pribadi, charger dengan kemampuan pengisian 2 ampere dirasa sudah cukup.

Tips selanjutnya adalah pilih charger yang memiliki fitur cut off. Jadi ketika pengisian sudah selesai maka arus listrik akan terputus. Hal ini penting guna menghindari aki mengalami over charge.  Selain itu, ada baiknya juga charger memiliki indikator level pengisian. Misalnya sebuah lampu yang menyala ketika proses pengisian sudah selesai. Tak kalah penting, pilih produk yang memiliki kabel-kabel lengkap. Misal, kabel aki yang memiliki “cabang” khusus untuk pengecasan. Kemudian kabel clip “buaya” untuk menyambungkannya ke plat terminal aki dengan model yang berbeda-beda.

comments

`