caption trialgame

Fillmore Sang Penakluk Awan

Thursday, 26 September 2019

Pike Peak International Hill Climb atau yang biasa disebut dengan nama Lomba menuju ke Awan ini, adalah kejuaraan tahunan yang digelar di kawasan pegunungan Colorado. Lomba yang diikuti oleh mobil dan motor ini adalah mencari siapa yang tercepat untuk mencapai puncak Gunung Pikes Peak.

Tracknya sendiri terbentang sejauh hampir 20 kilometer dan memiliki 156 belokan. Lokasi awal lomba terhitung cukup tinggi yaitu sekitar 4720 kaki di atas permukaan laut, dan terus menanjak hingga 14115 kaki saat menyentuh garis finish.

Lomba yang digelar sejak tahun 1916 ini mulanya berada diatas lintasan pasir, batu dan gravel. Baru mulai 2002 sebagian lintasan mulai dilakukan pengaspalan dan sejak 2011 seluruh track lintasan Pike Peak International Hill Climb telah menggunakan full aspal. Setiap tahunnya hampir 130 peserta mengikuti kejuaraan ini yang terbagi menjadi empat kelas yaitu mobil, truk, motor dan quad.

Khusus untuk kelas motor, dibagi menjadi tiga kelas yaitu kelas berat, ringan dan menengah. Yang membedakan tentu adalah ukuran CC mesin yang digunakan pada masing-masing motor. Nah yang menarik pada penyelenggaraan di tahun 2019 ini adalah pemenang di kelas motor ringan adalah seorang pebalap legendaris yaitu Chris Fillmore yang menggunakan motor trail standar pabrik.

Fillmore mengendarai KTM 2019 450 SX-F Factory Edition yang mengalami ubahan pada sektor kaki-kaki saja sehingga motor trailnya menjelma menjadi supermoto. Untuk mesin dia tidak melakukan ubahan apa pun.

Catatan waktunya pun terhitung cukup fantastis 10 menit 20 detik saja. Lebih cepat 15 menit dari rekor sebelumnya yang dipegang oleh Davey Durell, yang dibuat pada tahun 2009 silam. Kemenangan Fillmore sendiri terhitung istimewa karena sebelumnya dia adalah pemegang catatan waktu terbaik untuk kelas motor berat dan motor ringan.

Nama Fillmore sendiri bukanlah nama yang asing dikalangan para pelaku supermoto. Dia mengikuti kejuaraan AMA Supermoto sejak tahun 2003 hingga 2009 dan berhasil memenangkan tiga diantaranya. Di tahun 2010 dia kemudian memutuskan untuk mencoba peruntungannya pada lomba Superbike dan bertahan hingga tahun 2015. Setelah itu dia memutuskan untuk pensiun.

Namun hal ini tidak berlangsung lama karena pada tahun 2017 dia mulai mengikuti kejuaran Pike Peak International Hill Climb dan langsung menancapkan kukunya. Latar belakang yang beragam membuat Fillmore tampak tidak memiliki kesulitan saat mengikuti kejuaraan ini.

Image credit : gazette.com

comments

`