caption trialgame

Fungsi Kaliper di Motor Trail!

Monday, 19 July 2021

Fungsi Kaliper di Motor Trail!


Kaliper merupakan salah satu komponen yang penting pada motor trail Anda, atau bahkan pada kendaraan bermotor secara umum. Kaliper ini termasuk pada sistem pengereman pada sepeda motor, dan karena menjadi bagian dari sistem pengereman, maka tidak heran jika kaliper menjadi komponen yang penting. Nah pada motor trail, kaliper ini cukup menonjol posisinya. Jadi sekali pun Anda masih awam, tentunya  pernah sesekali melihat benda ini. 

Kaliper motor adalah bagian dari sistem pengereman hidrolik yang bertugas untuk menekan kampas rem agar mau bersentuhan secara langsung dengan piringan cakram. Saat kampas rem menekan piringan cakram, maka akan ada gesekan yang dapat menghambat laju motor agar nantinya motor dapat terhenti lajunya.

Adapun kaliper ini biasanya ada pada sistem pengereman hidrolik, dimana saat tuas rem ditekan, maka master rem akan menekan minyak rem, lalu minyak rem akan menekan piston di kaliper motor dan kaliper motor akan menekan kampas rem agar mau bergesekan dengan piringan cakram

Secara umum, biasanya motor trail standar akan diberikan kaliper rem dengan 2 model. Model tersebut adalah kaliper dengan 1 piston dan dengan 2 piston. Jadi kadang ada yang memberikan komposisi rem depan dengan kaliper 2 piston dan rem belakang dengan kaliper 1 piston. Tapi jika menggunakan kaliper rem aftermarket terutama kaliper rem untuk kebutuhan balapan, maka ada beberapa kaliper rem dengan kontruksi 4 piston.

Pada dasarnya, kaliper rem ini merupakan komponen yang awet. Namun pada beberapa kondisi, dapat mengalami beberapa kerusakan. Penyebabnya beragam tapi biasanya yang paling sering disebabkan oleh seal piston macet, seal piston bocor, baut nap atau baut pembuangan angin patah, baut nap atau baut pembuangan angin bocor, dan minyak rem berkarat karena piston berkarat.

Salah satu cara agar memperpanjang usia kaliper rem adalah dengan menggunakan minyak rem sesuai spesifikasi atau rekomendasi pabrikan. Selain itu, pastikan kebersihan pada bagian kaliper rem (bagian kampas rem), hal tersebut bertujuan agar piston di kaliper rem tidak mudah berkarat atau pun macet karena kotoran.

 

comments

`