caption trialgame

Fungsi Lubang Kecil Pada Knalpot

Tuesday, 22 December 2020

Fungsi Lubang Kecil Pada Knalpot


Fungsi knalpot pada awalnya adalah untuk meredam suara ledakan dari ruang bakar yang menimbulkan suara bising. Namun lama-kelamaan diketahui pula jika proses pembakaran mesin juga menimbulkan polusi. Oleh karena itu, gas sisa pembakaran yang keluar dari ruang bakar nggak bisa langsung dilepas ke udara terbuka tapi disalurkan melalui knalpot terlebih dahulu.

Oh iya  selain sebagai penyalur gas buang, adanya knalpot mampu meningkatkan performa mesin khususnya pada sepeda motor. Umumnya knalpot pada kendaraan bermotor terdiri dari beberapa bagian yaitu Header, Resonator, dan Silencer. Namun pada mesin 2 tak, terdapat satu bagian lagi yang punya fungsi yang nggak kalah penting, yaitu chamber.

Tahukah Anda jika hampir sebagian besar knalpot bawaan pabrik memiliki lubang sebesar 1-2 milimeter ? jika Anda tidak mengetahui tidah usah resah karena memang masih banyak pemilik kendaraan yang tidak menyadari bahwa pada knalpot motor terdapat lubang kecil. Keberadaan lubang kecil itu bukan karena kerusakan atau cacat produksi. Melainkan memang didesain sedemikian rupa dan memiliki fungsi yang cukup penting.

Lubang yang berukuran beberapa milimeter dan berada di sisi bawah knalpot itu mempunyai fungsi yang cukup penting. Keberadaan lubang kecil pada knalpot berfungsi sebagai pembuangan air. Sehingga, saat knalpot kemasukan air, maka otomatis air akan keluar melalui lubang kecil tersebut. Maka dari itu, lubang kecil tersebut jangan sampai tersumbat atau bahkan sengaja ditutup. Kalau hal itu terjadi, maka air yang masuk ke knalpot akan tertahan di dalam. Dampaknya bisa saja membuat knalpot mudah keropos, karena air tidak bisa keluar.

Jika air yang masuk ke knalpot cukup banyak, maka tidak hanya bisa knalpot saja, tetapi bisa saja masuk ke dalam mesin. Kondisi ini cukup berbahaya, karena bisa merusak mesin.Maka dari itu, keberadaan lubang kecil itu tetap diperhatikan dan jangan sampai tersumbat atau tertutup. Hal ini untuk mengantisipasi adanya air di dalam knalpot yang bisa membuat keropos.

 

comments

`