caption trialgame

Gagah Banget Modif Motor Trail Jadi Scrambler!

Wednesday, 22 July 2020

Gagah Banget Modif Motor Trail Jadi Scrambler


Modifikasi motor trail biasanya dilakukan untuk meningkatkan performa atau merubahnay menjadi sebuah tunggangan supermoto. Agak sedikit jarang memang yang memilih motor trail sebagai bahan untuk modifikasi selain menjadi supermoto.

Nah belum lama ini, salah satu bengkel custom Brilliant Custom Motorcycle, melakukan modifikasi unik dengan merubah motor trail menjadi sebuah motor scramber yang super gahar. Bengkel yang berbasis di kota Depok ini, merubah Kawasaki D-Tracker 250 dan membuatnya menjadi tunggangan keren kekinian lho.

Menggunakan motor trail sebagai bahan custom memang buka perkara yang mudah, ada perhitungan matang yang harus diperhatikan.  Yang paling utama adalah konstruksi dari motor trail itu sendiri. Motor trail sudah pasti memiliki seat height yang tinggi, lalu profil kaki-kaki yang jangkung, makanya harus  diukur dan dihitung benar-benar biar presisi dan sesuai dengan postur sang pemiliknya.

Selain itu, konstruksi rangka motor trail dan supermoto itu ramping karena memang peruntukkannya untuk dual purpose.  Ini berpengaruh ke proses pengukuran dan pembuatan bodi-bodi customnya. Contohnya pada tangki bahan bakar. Motor ini memiliki rangka tengah yang ramping oleh karena itu pemilihan tangki bahan bakar harus disesuaikan dengan ukuran rangka. Jika menggunakan part custom seperti  sepatbor, cover aki, dan cover undertank juga musti disesuaikan dengan ukuran motornya.

Sektor lain yang musti diperhatikan adalah kaki-kaki, pemakaian ukuran pelek dan ban harus pas. Jangan sampai motor sudah jangkung, tapi kaki-kaki kelihatannya tidak seimbang, kalau kekecilan akan terlihat kurus dan tidak berisi. Sementara jika terlalu besar akan terlihat kontras dengan bodi motor.

Nah kendati terbilang sulit, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Hanya saja memerlukan perhitungan yang lebih matang. Bukan hanya sekedar asal tempel, bongkar atau buat saja. Hasil custom dari bengkel yang konon tidak pernah sepi order ini, memang terlihat sangat berbeda dengan bawaan asli Kawasaki D-Tracker 250. Nah buat yang mau custom, harap sabar karena konon daftar tunggunya bisa sampe 6 bulan lho.

comments

`