caption trialgame

gagahnya rally dakar ini! simak speknya di sini!

Monday, 17 October 2022

Fantic Ramaikan Pasar Replika Motor Trail


Jika di indonesia demam motor trail semakin menggila, maka di Eropa demam motor trail replika yang semakin ramai. Setelah KTM dan GasGas merilis replica motor trail mereka yang digunakan pada event reli Dakar, pabrikan sepeda motor adventure dan trail enduro asal Italia, Fantic, pun tidak mau kalah dengan meluncurkan motor trail enduro XEF Rally Replica. Motor ini juga sebelumnya telah turun di ajang reli Dakar yang digelar pada awal tahun ini.

Fantic XEF Rally mengusung mesin DOHC silinder tunggal berkapasitas 450 cc yang berada dalam rangka girder ganda dengan bagian depan aluminium dan subframe baja. Sebagai motor trail enduro, XEF Rally dilengkapi dengan tangki bahan bakar 30L yang sangat besar. Menariknya, tangki dipisahkan menjadi dua, dengan tangki pertama memberikan perlindungan dari guncangan sementara tangki kedua berkontribusi pada ergonomis.

Di bagian kaki-kaki, XEF Rally mendapatkan suspensi depan KYB 48 mm yang dapat disetel sepenuhnya dan shock belakang KYB yang juga dapat disesuaikan. Suspensi dari KYB ini menawarkan travel 310 mm di depan dan 300 mm di belakang.

Sementara itu, Fantic juga melengkapi XEF Rally dengan panel instrumen RallyScreen ukuran 7 inci yang diklaim tahan air, debu dan guncangan. Panel instrumen ini dapat diakses melalui layar sentuh dan kontrol pada stang. Selain itu, RallyScreen mudah dilepas-pasang, memungkinkan pengendara memprogram informasi di layar dari jarak jauh.

Daya henti dari XEF Rally dilakukan melalui kaliper rem tunggal Moto-Master yang dikawinkan dengan cakram depan 300 mm dan cakram tunggal 245 mm di bagian belakang. Dengan bobot hanya 140 kg dan tinggi kursi 955 mm, Fantic XEF Rally hanya 2 kg lebih berat daripada pesaingnya, KTM 450 Rally Replica.

Motor ini menurut rencana baru akan tersedia untuk pasar Eropa mulai akhir november 2022. Selain merilis edisi replika, mereka juga merilis edisi terbatas yang hanya diproduksi 50 unit saja. Konon edisi terbatas ini akan menyematkan beragam komponen unik seperti  seperti hub roda billet CNC dan knalpot Arrow full-titanium yang memangkas 1,5 kg dari berat. Makin seru bukan?

comments

`