caption trialgame

Ganti Atau Perbaiki Jok Yang Sobek?

Wednesday, 17 November 2021

Ganti Atau Perbaiki Jok Yang Sobek?


Tahukah Anda, salah satu komponen motor trail Anda yang paling sering diabaikan oleh para pemiliknya adalah jok motor. Padahal jok motor trail memegang peranan penting lho. Jika jok motor robek atau rusak, tentu berkendara akan terasa kurang nyaman apalagi jika harus menempuh jarak yang cukup jauh. Terlebih lagi saat musim hijan seperti sekarang ini. Bila jok motor robek atau sobek, maka air akan merembes pada busa jok dan menyebabkan celana kamu basah. Jika motor trail Anda digunakan untuk harian, tentu hal ini akan sangat mengganggu aktivitas Anda.  Di samping itu, fungsi jok juga sangat penting untuk estetika motor. Saat jok motor robek, pasti bikin tampilan motor Anda kurang keren!

Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab jok motor robek atau sobek. Ada yang terkena barang tajam, tersangkut benda, dan rapuh karena usia pemakaian. Tidak menutup kemungkina, jok motor robek, lantaran dicakar oleh hewan peliharaan seperti kucing. Dengan beragamnya penyebab jok motor robek maka Anda harus waspada dan mencegah hal tersebut terjadi. Kalau memang sudah kejadian, maka opsinya tinggal ganti atau perbaiki jok motor yang rusak tersebut. Nah jadi mana yang lebih enak? Ganti atau perbaiki.

Jika memang sobeknya sudah benar-benar parah, sebaiknya memang diganti sarungnya dengan yang baru. Namun, jika masih bisa diselamatkan tak ada salahnya untuk mencoba memperbaikinya. Kenapa harus diganti? Jika robeknya parah, takutnya berpengaruh juga terhadap busa. Jika busanya ikut rusak, maka penggantian harus dua kali lipat. Terlebih harga kulit jok tidak bisa dikatakan murah, terlebih untuk kualitas yang baik bisa lebih Rp100 ribuan.

Bila belum ada dana tambahan, Anda bisa juga mengakali jok yang robek dengan menambal menggunakan lakban hitam. Cara ini memang bisa dilakukan untuk keadaan darurat atau apabila masih belum sempat untuk mengganti jok motor. Meski demikian, saat hujan deras, air tetap saja bisa merembes ke dalam busa dan membuatnya basah.

Cara ini juga dianggap salah satu yang paling praktis dan mudah. Tinggal potong saja lakban sepanjang jok yang robek, setelah itu rekatkan. Jangan lupa untuk menekan agar lakban menempel dengan kuat. Cara ini memang efektif, tapi hanya untuk sementara. Anda wajib mengganti lakban dengan rutin karena pasti akan terkelupas. Selain itu, seperti yang sudah disebutkan di atas, air bisa merembes dan membuat busa dalam jok basah. Nah jadi tinggal tentunkan saja mana yang kira-kira lebih cocok ya.

 

 

comments

`