caption trialgame

Hal Ini Bisa Bikin Awet Kopling Motor Trail!

Monday, 8 August 2022

Hal Ini Bisa Bikin Awet Kopling Motor Trail!


Motor trail akhir-akhir ini semakin digemari. Ada yang karena memang memerlukannya untuk trabsan dan menyalurkan hobi, ada juga yang karena suka tongkrongannya yang lebih berkarakter dibandingkan motor lainnya. Motor trail sudah pasti menggunakan kopling untuk pengoperasinnya tapi, soal perawatannya ternyata masih banyak lho yang belum paham untuk merawat kopling manual. Apa saja sih yang harus dilakukan? Simak ulasannya ya.

 Untuk merawat kopling manual, Anda harus rutin mengganti oli. Pergantian oli biasanya dilakukan pada 2.000km perjalanan. Motor yang menempuh jarak semakin jauh akan memanfaatkan banyak pelumas. Hasilnya, oli pada motor akan keruh dan berubah warna menjadi hitam. Kampas kopling pun cepat aus, akibat setelan kopling makin dalam. Oh iya jika motor trail Anda sering digunakan trabasan, kami sarankan untuk mengganti oli sebelum melakukan trabasan ya, karena mesin perlu dalam kondisi prima untuk menghajar lintasan offroad.

Kemudian Anda harus melakukan pengecekan pada kampas kopling juga. Melakukan pengecekan kampas kopling menjadi suatu keharusan yang dilakukan pengendara motor berkopling. Kampas kopling yang bermasalah dapat mengganggu kinerja penyaluran tenaga mesin. Perubahan gigi atau tranmisi akan tersendat sehingga memengaruhi laju motor. Pentingnya melakukan pengecekan pada canvas kopling untuk menjaga kelancaran saat berkendara. Jika canvas sudah aus atau terkikis, segeralah ganti di bengkel kepercayaan Anda.

Kadang, ketika menggunakan motor mesin kopling, tarikan pada kopling terasa berat. Hal ini umum terjadi lantaran kabel kopling dalam keadaan kering atau kotor akibat karat dari bahan bagian dalam kabel. Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya tuangkan cairan pelumas anti karat ke dalam kabel melalui tuas pada bagian handling kopling.

Setalah memasukkan cairan, tarik handing kopling perlahan beberapa kali. Jika tarikan kopling masih berat, tambahkan sedikit lagi cairan pelumas dan tarik kopling perlahan hingga tarikannya terasa enteng.

Dan yang terakhir adalah memperhatikan kualitas bahan bakar ya.Hal  Bahan bakar berkualitas dan sesuai kebutuhan atau rekomendasi pabrik. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua motor bisa menggunakan bahan bakar beroktan tinggi karena berisiko mesin cepat panas. Namun, motor berkopling keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan cairan pendingin sehingga panas mesin karena pembakaran sudah tidak lagi menjadi masalah.

comments

`