caption trialgame

Handlebar Ideal Supermoto

Friday, 22 May 2020

Handlebar Ideal Supermoto


Bagi Anda yang pemilik supermoto yang menggunakan basic motor trail, tentu telah melakukan beragam perubahan dan modifikasi, agar bisa tampil dan memiliki performa seperti yang diinginkan. Yang paling pertama yang dirubah adalah bagian kaki-kaki motor trail. Maklum saja, motor trail dan supermoto memiliki bagian kaki-kaki yang berbeda, karena peruntukannya juga berbeda.

Tapi biasanya, hampir sebagian besar merasa perubahan yang dilakukan pada motor trail mereka cukup sampai disitu saja. Padahal masih ada satu perubahan lagi yang bisa mereka lakukan dan perubahan ini bisa meningkatkan performa di atas supermoto mereka, apalagi jika digunakan di ajang balap.

Mengganti handlebar atau stang bawaan pabrik motor trail dengan yang lebih tepat jenisnya, bisa memuat handling supermoto Anda menjadi lebih nyaman lho. Handlebar sendiri memiliki fungsi utama untuk mengontrol laju kendaraan yang terhubung langsung ke roda depan, posisi stang sangat memengaruhi cara berkendara.

Nah biasanya handlebar motor trail bawaan pabrik memiliki sudut yang lebar dan panjang sehingga membuat pengendara meletakkan kedua tangannya di depan sejajar dada, memiliki. Stang yang biasa digunakan dimotor trail tidak nyaman untuk digunakan untuk supermoto, karena supermoto dituntut untuk bisa melakukan beragam manuver gesit dalam sudut yang terbilang sempit. Contohnya di jalanan kota besar, atau saat melahap tikungan untuk mengambil alih lawan di lintasan balap.

Lantas, handlebar seperti apa sih yang ideal untuk supermoto? Supermoto itu memiliki riding position yang tinggi dan tegak.Selain didukung oleh penggunaan kaki-kaki yang bertapak lebar, pemakaian stang tinggi juga mendukung identitas supermoto itu sendiri.

Stang tipe twinwall tetap menjadi anjuran utama karena stang ini dilengkapi dengan ‘palang’ yang melintang, sehingga memiliki daya tahan yang lebih kuat serta stabilitas yang lebih dibandingkan tipe fatbar. Tipe Twinwall ini salah satu jenis favorit yang banyak digunakan oleh penggemar motor trail, baik offroad maupun supermoto.

Cari bentuk handlebar yang lebih tegak dibandingkan handlebar bawaan pabrik, tidak sulit rasanya untuk menemukannya dengan banyak part after market yang akhir-akhir ini dijual di Indonesia. Jika dirasa posisinya kurang tinggi, Anda bis menambahkan handlebar raiser.

Jika ingin menambahkan raiser jangan lupa untuk mencari yang kompatibel dengan duduk raiser di segitiga handlebarnya ya. Merk apapun asalkan ukuran baut dan jarak lebarnya sama dengan dudukan raiser di stang motornya pasti bisa digunakan. Oh iya ada beberapa stang jenis twinwall yang tingkat kemiringannya bisa disesuaikan sesuai dengan postur pengendaranya. Nah jadi kalo mau ganti handlebar supermoto, jangan asal ganti ya.

 

 

 

comments

`