caption trialgame

Harga Selangit Motor Trail Klasik!

Tuesday, 1 March 2022

Harga Selangit Motor Trail Klasik!


Motor trail klasik atau vintage atau retro atau apa pun itu namanya, selalu memiliki pesona yang tidak bisa dijelaskan. Para penggila motor, kolektor atau sekedar pemerhati saja pasti jika melihat motor klasik selalu membuat decak kagum.

Nah belum lama ini di Amerika Serikat, dilakukan lelang pada beragam motor klasik dan salah satu motor yang menarik perhatian adalah 1 unit motor trail klasik Honda XL125 produksi tahun 1975. Dari bentuknya Honda XL125 cukup kekar tapi klasik. Lampu depan bulat, bentuk tangkinya manis walaupun cukup kecil. Tangki bahan bakarnya hanya memuat 6 liter bensin. Bentuk joknya tebal menyatu double seater. Kaki-kaki memakai pelek ukuran 21 inci di depan dan 18 inci di belakang dibalut ban tapak kasar. Rem depan belakang masih teromol Honda XL 125 punya bobot 106,6 kg yang cukup ringan. Adapun mesinnya 124 cc, satu silinder, 4-tak, SOHC. Mampu menghasilkan tenaga 13 tk pada 9.400 rpm.

Nah untuk motor yang di lelang di Temple City Honda di California, Amerika serikat ini memilik sejarah yang cukup panjang. Pemilik pertamanya menyimpan motorini selama 36 tahun dan dijual pada Maret 2011, kemudian diakuisisi dealer penjualan pada Juli 2016.  Disebutkan kondisi motor terawat dengan baik, lengkap dengan surat-surat yang masih tersimpan. Meski sudah berumur, motor baru dipakai sejauh 311 mil atau setara 500 km. Angka tersebut cukup jarang buat motor trail terutama trail klasik. Sebab biasanya orang membeli motor dual purpose buat "disiksa" atau kerja keras sehingga odometernya tinggi.

Jika Anda jarang atau tidak pernah melihat motor ini di Indonesia, Anda tidak salah karena memang jumlahnya amat terbatas. Honda XL125 mulai hadir di Indonesia pada tahun 1977 dan digunakan sebagai kendaraan pemerintahan. Dengan perawakan jangkung motor ini memudahkan pengendara menuju daerah pelosok dengan medan berat. Motor ini tidak dijual umum karena itu populasinya tidak banyak. Beberapa literasi menyebut bahwa unitnya hanya 736 unit. Dengan jumlah unit yang terhitung sedikit pada saat dibawa ke Indonesia, tidak heran jika motor ini menjadi salah satu holly grail bagi para penggila motor trail.

Nah kembali pada lelang Honda XL125 yang dilakukan di Amerika. Lelang yang ditutup pada akhir februari lalu mencatatkan angka yang cukup fantastis yaitu di atas 15 ribu dollar, atau jika di konversi ke rupiah menembus angka lebih dari 215 juta rupiah. Angka yang luar biasa bukan? Nah ayo siapa yang mau mulai hunting motor jenis ini?

 

comments

`