caption trialgame

Hitungan Gear Set Ideal Supermoto

Tuesday, 2 April 2019

Salah satu ubahan wajib dalam memodifikasi motor trail Anda menjadi supermoto tentu adalah mengganti ukuran ban dengan ukuran yang lebih kecil. Namun tidak sedikit para penggunak motor trail yang mengeluhkan tunggananya seolah susah untuk dikendalikan setelah mengganti ukuran ban menjadi 17 inci.

Banyak yang mentatakan bahwa setelah mengganti dengak ukuran velg yang lebih kecil, saat dipacu dengan kecpatan 100 km per jam, motor bergetar dengan hebat sehingga membuat handling menjadi lebih sulit.

Nah tenyata, motor trail yang biasanya memiliki standar ring velg 18 inci perlu diganti gear setnya agar saat dipacu tetap stabil dan tidak kehabisan nafas. Harap maklum, apalagi jika motor trail bawaan pabrik, yang memang disetting untuk melumat medan offroad, kini harus berlari kencang di atas aspal.

Lantas, berapa sih ukuran gear yang ideal? Ternyata tidak semudah itu lho, ada hitung-hitungan yang perlu dilakukan sebelum menggantinya. Sebagai contoh , ban belakang pakai ukuran 130/70-17, berapa gearset yang pas supaya tetap enak seperti standar saat pakai velg 18 inchi di bagian belakang? Kita akan coba ulas dengan data di bawah ini, dengan menggunakan Honda CRF15L sebagai contoh.

STANDAR TRAIL Honda CRF150L
gear depan : 15
gear belakang : 49
Ban belakang : 4.1 inchi -18 ( lebar 4,1 inchi, tinggi ban juga 4,1 inchi atau 104,14 mm )
Velg : 18 inchi = 457,2 mm

Supermoto Honda CRF150L
gear depan : 15
gear belakang : sedang dihitung
Ban belakang : 130/70-17 ( lebar = 130 mm, tinggi ban : 130 mm x 70/100 = 91 mm )
Velg : 17 inchi = 431,8 mm

Diameter Roda Standar Honda CRF150L Trail 18 inchi
D Roda Trail = ( Diameter Velg Trail dalam mm )+( 2 X Tinggi Ban dalam mm)
D Roda Trail = 457,2 mm + ( 2 X 104,14 )
D Roda Trail = 457,2 mm + 208,28 mm
D Roda Trail = 665,48 mm atau 66,548 cm

Diameter Roda Honda CRF150L Supermoto 17 inchi
D Roda Supermoto   = ( Diameter Velg Trail dalam mm )+( 2 X Tinggi Ban dalam mm)
D Roda Supermoto = 431,8 mm + ( 2 X 91 mm )
D Roda Supermoto   = 431,8 mm + 182 mm
D Roda Supermoto   = 613,8 mm atau 61,38 cm

 

Dari data-data di atas mari kita hitung gear belakang supaya beban mesin saat ban versi supermoto sama dengan saat versi motor trail standart keluaran pabrik

Rumus mudahnya adalah                                                                     
gear belakang lama / gear belakang baru = Roda belakang lama / Roda belakang baru

atau dipermudah yakni
gear belakang Trail / gear belakang Supermoto = D Roda Trail / D Roda Supermoto
49 Mata / gear belakang Supermoto = 66,548 cm / 61,38 cm
gear belakang Supermoto = ( 49 mata x 61,38 cm ) / 66,548 cm
gear belakang Supermoto = 3007,62/66,548

gear belakang Supermoto = 45,19474664903528 atau di bulatkan menjadi 45. Jadi untuk Honda CRF150L Supermoto dengan ban belakang berukuran 130/70,perlu mengganti gear belakang dengan ukuran 45 atau turun 4 mata dari versi aslinya yang berjumlah 49.

Jika dirasa masih kurang kencang, bisa di coba pakai gear yang lebih kecil yakni turun 1-2 mata kalau ada. Namun yang perlu diingat adalah jika gear depan tetap, menambah mata gear belakang sama dengan meningkatkan akselerasi, mudah untuk nanjak, namun nafas habis di trek panjang sehingga top speed turun. Sementara jika gear depan tetap, menurunkan mata gear belakang sama dengan meningkatkan topspeed, namun lebih berat untuk trek menanjak, lebih kencang trek panjang. Semoga uraian di atas berguna bagi Anda yang sedang mencari gear set ideal untuk supermoto Anda.

comments

`