caption trialgame

Hybrid Motor Trail Mini Super Lucu

Tuesday, 14 July 2020

Hybrid Motor Trail Mini Super Lucu


Walaupun Honda Monkey bukanlah motor mini yang paling wah, tetapi tetap saja ia memiliki keunikan yang tiada duanya, terlebih tipe Mini Trail. Terinspirasi dari wahana karnaval, motor yang bernama lain Z series ini pertama kali muncul pada tahun 60-an, dimulai dari Z100. Z50 menyusul dan masuk pasar Amerika pada 1968. Model originalnya sudah tidak diproduksi lagi sejak 2017 sebelum akhirnya kembali ke pasaran pada tahun 2019 dengan tampilan baru serta mesin yang lebih bertenaga milik Grom.

Nah ternyata di tahun 1991 silam, Honda sempat merilis sebuah tipe Honda Monkey yang bisa dibilang merupakan hasil perkawinan silang atau hybrid dengan jenis motor Honda lainnya yaitu XR Baja. Dan tidak heran jika kemudian motor ini mereka sebut dengan nama Monkey Baja Z50J.

Jika dilihat sekilas, maka Honda Monkey Baja Z50J ini dimensinya mirip sama Honda Monkey yang mungil.Tapi soal desainnya, mini bike ini hampir mirip dengan trail Honda XR Baja.Bisa disimak dari bentuk headlamp depannya, desain dua mata lampu bulat besarnya dan tidak ketinggalan pelindung headlamp dari besi dan desain lampu seinnya juga mirip banget dengan motor trail 250 cc tersebut.

Lanjut ke bagian samping, bentuk tangki, jok, panel bodi, hingga spakbor belakang motor kecil ini hampir sama dengan XR Baja.Bedanya, kalau di Monkey Baja Z50J ini masih menggunakan mesin model 'tidur' dan suspensi belakangnya menggunakan model dual sokbreker.

Pada bagian mesin Honda Monkey Baja Z50J menggendong mesin berkapasitas 49,5 cc 4-tak single cylinder SOHC.Diklaim punya tenaga 'cuma' 3 dk pada 7.500 rpm, tapi sudah cukuplah buat menggerakkan motor berbobot 55 Kg tersebut.

Nah tentu saja motor jenis boleh dibilang terhitung langka, apalagi kini para kolektor banyak yang mulai gemar berburu motor berkapasitas mesin kecil, karena bentuk yang menggemaskan. Bentuk Honda Monkey saja sudah menggemaskan apalagi dengan tampilan sok gahar ala XR Baja, semakin membuatnya semakin ingin dimiliki bukan?

 

 

comments

`