caption trialgame

Iklim Indonesia Bikin Helm Cepat Rusak

Thursday, 14 May 2020

Iklim Indonesia Bikin Helm Cepat Rusak


Layaknya semua barang helm motor juga memiliki usia pakai. Jika usia helm sudah melebihi batas maka kemampuan peredaman helm tidak optimal dan jika hal ini terjadi sudah pasti Anda tidak akan terlindungi dengan benar.

Untuk helm berstandar internasional, biasanya memiliki usia penggunakan usia 3 sampai 5 tahun, dan rata-rata tertulis di buku manual. Tapi ternyata tahukah Anda bahwa iklim di Indonesia bisa membuat usia penggunaan helm menjadi lebih pendek lho.

Hal tersebut diungkapkan oleh Johanes Cokrodiharjo, selaku Technical Support PT NHK Indonesia dalam sebuah diskusi virtual beberapa waktu lalu. “Karena pancaran sinar UV di Indonesia itu sangat kuat, rekomendasi saya helm motor diganti setahun atau paling lama dua tahun sekali,” jelasnya.

Mengapa pancaran sinar UV dari matahari bisa mempersingkat usia helm?Rupanya paparan sinar UV membuat lapisan styrofoam atau EPS helm menciut.Akibatnya EPS tidak mampu lagi menyerap benturan saat crash dengan baik.Sehingga lapisan styrofoam tadi pasti akan terasa goyang saat kita memakai helm yang umurnya sudah lama.

Selain sinar UV, kondisi cuaca dan kebiasaan jelek dalam menyimpan helm juga membuat usia helm makin singkat. Kebiasaan menggantung helm di spion, dijemur dibawah matahari, atau dibawa berpetualang pada beragam kondisi cuaca pasti akan membuat umur helm tersebut semakin pendek.

Lantas bagaimana dengan helm yang dijual toko? Ada kalanya helm tersebut sudah lama menjadi stok toko dan belum laku. Ternyata jika ada masa usianya juga lho. Masa simpan helm atau shelf life biasanya antara 3 sampai 6 tahun. Tapi ini juga tergantung pada kondisi toko, dan cara mereka menyimpan stoknya. Jika disimpan dalam keadaan lembab atau dijemur di bawah terik matahari, tanggal kadaluarsa helm akan jadi semakin cepat.

Nah jadi buat Anda yang sedang mencari helm, jangan keburu senang dulu jika ternyata helm incaran Anda mendapat potongan harga. Cek dulu tanggal rilis helm tersebut, jika ternyata sudah di atas 3 tahun, bisa jadi itu adalah stok lama yang tanggal kadaluarsnya sudah semakin dekat.

comments

`