caption trialgame

Impresi Pertama Motor Trail Listrik Produksi Anak Bangsa!

Wednesday, 5 May 2021

Impresi Pertama Motor Trail Listrik Produksi Anak Bangsa!


Awal tahun lalu sempat beredar kabar tentang motor trail listrik pertama yang bakal diproduksi oleh anak bangsa. Motor trail dual purpose yang bernama Elbike New ECR-3000 BIMA X Enduro ini merupakan karya dari perusahaan Start Up jebolan program Agni dari PT Elnusa Tbk, Elbike Garage telah menghadirkan beragam prototipe sepeda motor listrik.

Nah belum lama ini, Elbik Garage melakukan test drive terhadap produknya dan beberapa orang yang beruntung bisa merasakan sensasi mengendarai motor trail listrik untuk pertama kalinya. Elbike Bima sendiri ini tampil dengan desain tekno dan dilengkapi dengan beragam fitur canggih. Sebut saja kunci kontak yang menggunakan sidik jari alias finger print, Integrated Smart Apps, baterai lithium bersertifikat, re-generative brake, mampu menempuh jarak sejauh 90 km, dan masih banyak lagi keunggulan lainnya.

Impresi pertama saat dinaiki, motor ini memiliki posisi duduk moderat, kedua kaki bisa menapak dengan 5 jari buat yang bertinggi badan 165cm. Jok dan suspensi belakang empuk, ketinggian jok turun ketika diduduki. Sementara suspensi depan USD sedikit kaku.

Ada 3 mode pengendaraan yang dimiliki Bima, Eco, City dan Sport. NaikMotor coba dengan mode Eco dulu, pada saat sedikit puntir gas ternyata memang torsi besar khas motor listrik terasa. Mode lainnya pastinya lebih membetot lagi, tetapi konsekuensinya penggunaan baterai akan menjadi lebih boros.

Dengan stang lebar, pengendalian cukup mudah, hanya saja radius putar lebih kecil dibanding motor trail produksi pabrikan Jepang. Saat berjalan Bima terasa enteng, boleh jadi karena peletakan motor dan baterai di tengah rangka. Nah hal ni dimaksudkan agar saat melibas lintasan basah, baterai tetap terlindungi dari air.  

Motor ini dibekali baterai lithium 72 Volt 40 Ah dengan Controller Votol EM-100 dan untuk waktu pengisian dayanya snediri membutuhkan durasi sekitar 3 sampai 5 jam untuk mengisi dari 0 hingga 100 persen penuh dengan daya jelajah sekitar 80 hingga 90 kilometer. Tapi bergantung juga dengan medan serta gaya berkendarannya ya.

Dari baterai tersebut, listrik akan dialirkan ke motor penggerak berkapasitas 72 Volt 3.000 Watt, yang jika dikonversi makan bisa dibilang memiliki mesin setara 250cc. Tidak heran jika kemudian motor ini diklaim bisa menyentuh angka 100 km/jam. Nah gimana? Makin penasaran mau nyoba juga kan?

 

 

 

 

 

comments

`