caption trialgame

Impresi Riding Supermoto Terbaru di Indonesia!

Tuesday, 11 October 2022

Impresi Riding Supermoto Terbaru di Indonesia!


Pasar motor trail di Indonesia memang terhitung ramai, beragam jenis motor trail bisa didapatkan saat ini dengan mudah, tapi untuk jenis supermoto memang belum terlalu banyak yang merilis tipe ini, dan salah satu dari sedikit yang beredar di Indonesia adalah Kawasaki KLX230SM. Supermoto keluaran Kawasaki ini memang baru saja diluncurkan pada tahun 2022. Terobosan yang dilakukan Kawasaki ini terhitung menarik karena sejauh ini belum ada pabrikan Jepang yang benar-benar merilis jenis supermoto untuk pasar Indonesia. Lalu bagaimana dengan impresi dari motor ini? Simak ulasannya ya.

KLX230SM memiliki basis yang sama dengan Kawasaki KLX 230, namun memiliki perubahaan di kaki-kaki dan suspensi. KLX230SM terlihat modern, dengan batok lampu LED model pesek, yang lumayan terang pancaran sinarnya. Dimensinya sendiri masih ramping khas motor trail, yang inspirasinya dari motor SE Kawasaki KX-series. Suspensinya pakai upside down 37 mili, dan belakangnya pakai monosok Uni-Trak dengan setelan preload. Bobotnya sendiri cuma 137 kg, terhitung ringan karena setara motor sport naked 150 cc.  Makanya motornya masih terasa enteng, baik saat digeser maju-mundur atau saat dipakai jalan. Oh iya motor ini juga memiliki varian yang mendapatkan tambahan asesoris seperti handguard, setang fatbar sampai engine dan frame guard.

Salah satu daya tarik dari Kawasaki KLX 230, adalah mesinnya yang punya tarikan bawah kuat. Dipasang di KLX230SM, tentunya bikin karakter mesin bertransmisi 6-percepatan ini cocok buat rider yang doyan riding agresif.Soalnya di akselerasi di putaran bawah terasa jambakan mesinnya, bikin enak buat menyalip sampai menanjak.

Padahal secara spek, mesin single silinder injeksi 233 cc ini sederhana, yaitu SOHC 2-klep dengan sistem pendingin udaraNamun karakter bore x stroke 67.0 x 66.0 mm alias square, memang sip buat yang doyan akselerasi. Tenaganya sendiri 18,7 dk / 7.600 rpm, dengan torsi 19,8 Nm / 6.100 rpm, cukup banget buat harian sampai adventure.

Biarpun mesinnya enak banget buat harian, ada satu bagian yang bikin kurang nyaman. Yaitu stasionernya tinggi putaran mesinnya, efeknya selain agak berisik saat stop, engine brake saat tutup gas juga kurang terasa.

Salah satu daya tarik supermoto, adalah gabungan ketangguhan motor trail, namun masih nyaman dipakai harian. Dimulai suspensinya punya travel tinggi, depan 204 mm dan belakang 168 mm.  Ground clearance juga 230 mm, makanya pede saja lewat polisi tidur sampai lubang, motor tidak bakal mentok.

Karakter suspensinya juga masih empuk, namun tetap stabil diajak menikung atau saat mengerem mendadak.Bicara soal rem, Kawasaki KLX230SM pakai cakram wave diameter 300 mm semi-floating, yang dijepit kaliper double piston.

Remnya dirasa pakem, meski pertama-tama harus membiasakan master remnya yang ada jeda di awal saat ditarik handle-nya. Bannya pakai IRC RX-01 Road Winner, dengan ukuran 110/70 depan dan 120/70 belakang, dan wheelbase 1.375 mm. Dipakai selap-selip masih pede, tinggal membiasakan diri dengan posisi riding tinggi serta setang lebar. Nah buat Anda yang sedang mencari supermoto, bisa ada pilian baru nih.

 

 

comments

`