caption trialgame

Ingat, Premium Bukan Minuman Trail Injeksi! Bagaimana Pertalite?

Wednesday, 9 June 2021

Ingat, Premium Bukan Minuman Trail Injeksi! Bagaimana Pertalite?


Motor trail yang diproduksi dalam beberapa tahun terakhir ini, sebagian besar sudah hampir menerapkan teknologi injeksi. Kendati memang masih ada beberapa pabrikan motor yang belum mengaplikasikan teknologi ini namun dapat dibilang lebih dari 50% pasar motor trail di Indonesia didominasi motor trail injeksi.  

Dalam sistem injeksi, salah satu komponen pentingnya adalah injektor, yang sangat rentan dan butuh perhatian khusus. Inejktor memiliki tugas menyemprotkan bensin ke ruang bakar dengan cara pengabutan. Performa maupun daya tahan injektor ini sangat bergantung pada pemakaian jenis bahan bakar. Namun, sayangnya banyak pemilik motor injeksi yang masih memakai bensin murah bersubsidi seperti premium dengan oktan rendah. Padahal, lebih disarankan memakai bensin beroktan tinggi.

Ingat, bukan tidak boleh dan tidak bisa memakai premium, tapi tidak disarankan. Sebab ada beberapa ancaman yang didapat bila memakai bensin beroktan rendah. Tingkat ’kebersihan’ bensin yang menjadi kurang baik bisa menyebabkan komponen FI (fuel injection) yang sensitif menjadi lebih mudah tersumbat.

Mesin berteknologi injeksi rata-rata rasio kompresinya tinggi, di atas 9 :1 .Tujuannya untuk membuat motor berteknologi injeksi menjadi lebih irit. Namun hal ini baru bisa tercapai jika diisi oleh bensin yang sesuai spesifikasi alias beroktan tinggi. Semakin besar kompresi mesin, maka akan semakin butuh bahan bakar berkualitas. Dengan memakai bensin beroktan rendah, gejala detonasi (ngelitik) cepat atau lambat akan muncul.

Pada dasarnya mesin injeksi memang minim perawatan, asal dibarengi dengan selalu memakai bahan bakar beroktan tinggi, sesuai spesifikasi. Sering dijumpai pompa bensin motor trail macet karena selalu diisi dengan bensin beroktan rendah. Biasanya hal ini terjadi saat trabasan kehabisan bensin dan tidak ada pilihan bahan bakar lain selain premiun.

Nah ciri-ciri motor trail injeksi yang selalu ‘minum’ bensin beroktan rendah gampang dikenali. Salah satunya adalah aki tekor terus karena pompa bekerja lebih keras akibat kotoran menyumbat filter bensin.Lama-kelamaan injektornya yang akan mampet. Karena itulah, jika Anda memiliki motor trail  injeksi, isilah bensin beroktan tinggi, sesuai spesifikasi agar motor trail Anda tidak mengalami masalah.

comments

`