caption trialgame

Ini Alasan Sarung Tangan Wajib Dipakai!

Wednesday, 31 March 2021

Ini Alasan Wajib Gunakan Sarung Tangan Motor


Masih banyak orang yang beraggapan bahwa sarung tangan motor hanya sebagai  aksesoris pelengkap. Padahal, sebenarnya sarungan tangan menjadi salah satu perlengkapan wajib bagi pengendara sepeda motor selain helm, jaket, dan sepatu. Peran sarung tangan terhitung vital saat Anda berkendara, tidak heran jika kemudian beberapa negara Eropa bahkan mewajibkan setiap pengendara motor untuk menggunakan sarung tangan saat mereka mengedarai tunggangan kesayangannya. 

Belum lama ini pemerintah Spanyol telah mengeluarkan sebuah aturan yang mewajibkan para pengendara motor untuk memakai sarung tangan. Peraturan ini yang akan segera  diterapkan pada tahun 2021, diterbikan sebagai undang-undang oleh Direktorat Lalu Lintas Spanyol.  hal tersebut dilakukan untuk mengurangi risiko cedera yang dialami oleh para pengendara motor ketika mengalami kecelakaan selama perjalanan. Pemerintah Spanyol mulai melirik aturan tersebut setelah pihaknya menerima laporan terkait angka pengendara motor yang tewas di Spanyol yaitu 350 orang selama tahun 2018 lalu.

Lalu seberapa penting sih sebenarnya peran sarung tangan? Simak ulasaannya ya. Sarung tangan yang dijual di pasaran saat ini memang banyak jenisnya. Namun, lebih disarankan memilih sarung tangan yang dilengkapi karet. Dalam hal ini, karet akan membantumu mendapatkan cengkeraman yang lebih baik. Termasuk dalam hal ini, meski cuaca tengah hujan atau tangan sedang basah. Dengan cengkeraman yang baik, kontrol terhadap sepeda motor pun akan lebih baik.

Sarung tangan juga memberikan perlindungan kepada kulit. Tangan akan berpotensi lecet akibat dari gesekan ketika sedang menggenggam setang motor. Terlebih saat tangan sedang berkeringat. Penggunaan sarung tangan akan mencegah hal itu terjadi.

Sarung tangan juga dapat mengurangi cedera serius pada bagian tangan jika terjadi kecelakaan. Biasanya, saat terjadi benturan atau jatuh, gerak refleks tangan akan langsung melindungi bagian tubuh lainnya. Hal inilah yang berpotensi menyebabkan tangan terluka. Sarung tangan juga berfungsi untuk memberikan kehangatan saat cuaca dingin karena hujan. Jika pengendara mencengkeram benda dingin seperti setang, sarung tangan akan membantu menghindari hipotermia saat melintasi daerah dingin. Di musim kemarau, sarung tangan juga berfungsi melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

Lalu bagaiman dengan di Indonesia? Apakah ada sarung tangan sudah menjadi perlengkapan wajib? Ternyata peraturan wajib menggunakan sarunga tangan bagi para pengendara motor pernah dilakukan oleh Pemda DKI Jakarta. Hal ini tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020 tentang PSBB Dalam Penanganan Covid-19 di DKI Jakarta. Pada pasal 18 ayat 5 tertulis, pengguna sepeda motor pribadi wajib menggunakan masker dan sarung tangan. Sayangnya peraturan ini hanya berlaku selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jakarta beberapa waktu lalu, tanpa ada penagakan hukum yang lebih jauh.

 

.

comments

`