caption trialgame

Ini Alasan Spion Bawaan Lebar Banget Dimensinya Sampai Keluar Stang!

Wednesday, 1 December 2021

Ini Alasan Spion Bawaan Pabrik Lebar Banget Dimensinya Sampai Keluar Stang!


Pernah merasa heran tidak dengan ukuran spion motor trail dua sport bawaan pabrik yang ukurannya Anda anggap terlalu lebar ? biasanya alat ini akan menjadi salah satu komponen yang bakal segera diganti segera setelah Anda membeli motor trail baru. Penasaran gak sih kenapa pabrikan motor menghadirkan kaca spion berukuran lebar, padahal sering terlihat bentuk kaca spion yang lebih kecil.

Spion motor bukan sekadar berfungsi layaknya kumis kucing untuk mengukur peluang ketika Anda ingin menyelip di antara dua kendaraan. Namun tak jarang, karena ukurannya yang terbilang lebar, posisi atau arahnya akhirnya diputar ke arah dalam oleh sang pengemudi, dan malah menyerupai posisi tangan orang yang sedang berdoa. Apabila Anda memiliki kebiasaan semcam ini, sebaiknya jangan diteruskan, ya Soalnya, spion bawaan motor yang memang lebar, harus berada di posisi sebenarnya, untuk bisa menjalankan beragam macam fungsi-fungsi penting lho.

Dengan menggunakan spion berukuran lebar, Anda sebagai pengendara dapat melemparkan pandangan ke belakang dan samping dengan luas. Tidak seperti dengan spion modif yang ukukrannya relatif lebih kecil.  Dengan jarak pandang yang luas tersebut, blind spot pun bisa dikurangi. Dengan kata lain, Anda pun bisa menghindari potensi insiden di jalanan.

Spion bawaan motor biasanya sejajar setang atau malah lebih panjang. Jadi, ukuran standarnya ini memungkinkan Anda selap-selip tanpa membaret kendaraan di kanan dan kiri. Setelah mengetahui alasan di balik ukuran kaca spion bawaan motor yang memang relatif lebar, semoga Anda tidak ingin buru-buru lagi menggantinya dengan versi modifan yang berukuran lebih kecil.

Sebab jika ukurannya lebih kecil, Anda akan kesulitan melihat kondisi jalanan di samping maupun belakang. Sebagai gambaran, apabila spion modifan hanya berukuran 10 cm, alias lebih kecil dibanding ukuran bawaan pabriknya yang 15 cm, tentu saja pandangan Anda pun menjadi lebih terbatas. Keterbatasan ini tentu berdampak pada aspek keselamatan berkendara di jalan raya. Jadi, sebelum Anda mengganti spion bawaan motor, sebaiknya pertimbangkan lagi hal-hal tersebut, ya!

 

comments

`