caption trialgame

Ini Alasan Suhu Ban Pengaruhi Perfoma Motor!

Thursday, 13 January 2022

Ini Alasan Suhu Ban Pengaruhi Perfoma Motor!


Cuaca yang sering berganti dengan cepat seperti sekarang ini tidak hanya berdampak pada kondisi tubuh, namun juga berimbas kepada beberapa komponen kendaraan, misalnya adalah suhu ban motor. Apalagi jika Anda kerap menggunakan motor trail Anda untuk kegiatan sehari-hari, perubahan cuaca harus diwaspadai lho.

Jika cuaca panas, otomatis suhu di permukaan aspal akan naik yang membuat suhu ban berpotensi overheat sehingga membuat performanya kurang maksimal. Kemudian, jika tiba-tiba kondisi cuaca berganti hujan, akan membuat turunnya tekanan udara pada ban motor.  Sementara itu, ban juga bisa mengalami hydroplaning saat melaju di jalanan yang basah. Hal tersebut dapat membuat ban mudah tergelincir dan keluar dari jalanan. Oleh karena itu Anda juga harus rutin melakukan perawatan dan pengecekan pada ban agar performa motor tetap terjaga. Pasalnya, cuaca yang ekstrim akan membuat konstruksi ban motor cepat rapuh dan aus saat digunakan.

Ada beberapa tips yang dapat Andalakukan untuk melakukan perawatan pada ban motor trail agar tetap prima saat digunakan berkendara, yang pertama tentu saja adalah mengecek tekanan angin ban. Hal ini dapat Anda lakukan secara berkala atau minimal seminggu sekali. Tekanan angin ideal untuk ban motor berbeda-beda, tergantung jenis dan kebutuhan. Namun, rata-rata untuk bagian depan tekanan angin ban motor berkisar 27 sampai 30 psi, sementara bagian belakang 31 sampai dengan 36 psi.

Setiap ban motor memiliki batasan beban angkut. Semakin besar berat beban yang diangkut, otomatis memperlambat putaran ban saat berjalan dan membuatnya overload. Hal ini juga menyebabkan suhu ban menjadi cepat panas dan mengganggu durabilitas ban. Jadi jika ingin mengangkut beban, pastikan beratnya masih dalam batas wajar ya.

Mengendarai motor dengan cara yang baik dan benar adalah salah satu cara untuk menjaga kondisi ban tetap awet. Contohnya adalah tidak melakukan cornering berlebihan saat menikung atau memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi frekuensi rem mendadak yang mengakibatkan alur ban cepat habis.

Dan yang terakhir adalah menggunakan tipe ban motor yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini merupakan salah satu cara tepat yang dapat Anda lakukan untuk menjaga performa ban tetap prima. Pada negara beriklim tropis seperti Indonesia, Anda bisa menggunakan ban yang dirancang khusus untuk semua musim (all season), karena performanya bagus saat digunakan di cuaca panas maupun hujan.

 

comments

`