caption trialgame

Ini Biang Kerok Handling Motor Trail Berat

Tuesday, 30 June 2020

Ini Biang Kerok Handling Motor Trail Berat

Seringnya digunakan tentu komponen yang ada pada  motor trail akan mengalami penurunan, stang motor yang berat merupakan salah satu permasalahan yang seringkali dirasakan oleh para pengguna sepeda motor. Dan jika kondisi tersebut dibiarkan sangatlah beresiko bagi keselamatan si pengendara itu sendiri, sebab stang motor yang berat sebelahakan membuat laju motor tidak stabil dan susah untuk dikendalikan. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan stang terasa berat saat digunakan, nah kita akan coba ulas beberapa penyebabnya dan cara mengatasinya. Jadi simak ulasannya ya.

Penyebab yang pertama adalah segitiga dudukan stang kurang sejajar antara suspensi kiri dan kanan. Jika Anda mengalami hal ini maka cara mengatasinya yaitu cukup dengan meluruskan kembali kedua garpu kanan dan kiri agar sejajar. Untuk mengetahui sudah sejajar atau tidaknya bisa menggunakan alat fuller, tapi lebih simplenya langsung dibawa tukang press saja.

Posisi suspensi atau shockbreaker yang tidak presisi juga bisa menyebabkan handling terasa berat. Biasanya hal ini terjadi karena motor trail pernah jatuh atau terlalu sering melibas jalan offroad. nah buat Anda yang gemar terabas sebaiknya lebih waspada pada komponen ini , karena jatuh dan melibas medan offroad sudah menjadi hukum wajib. Untuk mengatasi shockbreaker yang tidak presisi sebaiknya bawa ke yang berpengalaman saja ya, karena tidak mudah untuk memperbaiki komponen ini.

Komstir yang longgar adalah penyebab selanjutnya. Sebagai komponen yang berfungsi untuk memegang dalam pengendalian sudah barang tentu motor ini akan mengalami penurunan kinerja. Ini yang biasanya merupakan biang kerok utama stang terasa berat pada motor trail. motor akan terasa sulit dikendalikan dan goyang ketika berada di kecepatan tinggi. Solusi mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti komstir dengan yang baru ya, khususnya pada bagian mangkuk dan bola bola besi yang terdapat komstir.

Penyebab selanjutnya adalah bearing roda yang rusak. Posisi bearing roda ini berada ditengah ban, dan untuk mengecek apakah kondisinya masih layak atau tidak Anda harus membuka roda tersebut. Jika bearing sudah rusak, langsung ganti ya, jangan hanya menambah gemuk atau cairan pelumas saja, karena tidak akan bisa menyelesaikan masalah.

Kondisi pelek yang melengkung dan bengkok juga bisa menyebabkan stang motor trail terasa berat.  Untuk memerikasanya cuma ban perlu diputar dan dilihat apakah berputar secara sempurna atau tidak. Jika menggunakan pelek jari-jari, jangan khawatir banyak tukang stel pelek yang bisa memperbaikinya. Paling Anda hanya perlu mengganti beberapa spokes yang bengkok saja. 

comments

`