caption trialgame

Ini Biang Kerok Lampu Motor Trail Redup

Tuesday, 13 October 2020

Ini Biang Kerok Lampu Motor Trail Redup


Tidak semua motor trail memiliki lampu sebagai penerangan, namun hampir sebagian motor trail keluaran terbaru di Indonesia adalah motor trail dual sport street legal. Jadi memiliki lampu adalah salah satu syarat mutlak yang harus dimiliki.

Nah ada kalanya, lampu pada motor trail Anda terkesan redup. Hal itu menandakan bahwa ada masalah yang dipicu pada bagian sistem kelistrikan motor itu sendiri.Lantas, kira-kira apa sih penyebab lampu motor redup? Sebenarnya penyebab masalah tersebut tak lain terletak pada bagian yang berkenaan dengan kelistrikan. Hanya saja, detail letak kendalanya perlu untuk diraba agar mengetahui dimana letak titik masalahnya.Ada beberapa faktor pemicu yang jadi penyebab lampu motor redup, kita akan coba ulas beberapa diantaranya ya.

Yang pertama adalah kualitas jenis bohlam lampu. Bila motor Anda sudah menggunakan tipe lampu LED maka sudah dipastikan bukan dari sektor ini penyebab pancaran cahaya lampu motor redup.Akan tetapi, jika masih menggunakan tipe lampu bohlam maka bisa jadi Anda salah dalam memilih tipe atau jenis lampunya.Untuk itu, gunakan lampu bohlam yang sesuai dengan standar rekomendasi dari pabrik. Umumnya mulai dari 24 watt 12 volt. 35 watt 12 volt, atau 55 watt 12 volt.Di sisi lain, gunakan merk bohlam lampu pada motor Anda yang kualitasnya baik dan tinggi. Sehingga, akan membuat performa pencaran sinar yang dihasilkan menjadi semakin baik dan tidak redup.

Tak bisa dipungkiri bahwa setiap perangkat elektronik, pasti memiliki masa pakai, begitu juga dengan sistem reflektor pada lampu.Komponen yang satu ini sangat dimungkinkan sekali menjadi penyebab lampu motor redup. Bukan tanpa alasan mengingat semakin lama usia motor maka warna dari mika reflektor tersebut berubah menjadi buram sehingga membuat sinar cahayanya pun tampak kurang maksimal.So, ganti reflektor lampu dengan yang baru jikalau memang sudah tampak buram dan tidak mampu memantulkan cahaya dari lampu bohlam.Namun, perlu diingat bahwa untuk penggantiannya, usahakan menggunakan spare part yang original standar pabrik agar lebih awet dan memiliki masa pakai lebih panjang.

Di sisi lain, penyebab lampu motor redup tak tertutup kemungkinan bisa disebabkan akena soket lampu kendor.Jika soket pada lampu kendor maka secara otomatis, tegangan dari arus yang disalurkan ke bagian bohlam pada lampu motor menjadi tidak maksimal.Jadi, usahakan untuk melakukan pengecekan bagian soket lampu sebelum memastikan bahwa penyebabnya adalah pada bagian bohlam lampunya.Karena, justru bisa jadi masalahnya ada pada pemasangan soket lampu yang kurang tepat atau mengalami kendor, bukan pada kualitas bohlam.Anda bisa melakukan pengecekan ini secara mandiri. Akan tetapi, jika dirasa sulit, mintalah bantuan kepada mekanik saat melakukan service rutin.

Kemudian, yang menjadi pemicu atau penyebab lampu motor redup bisa jadi karena fitting lampu pada motor sudah berumur dan tidak layak pakai.Umumnya, masa pakai dari fitting lampu ini sudah habis jika tampak pada dudukan lampu yang mulai terbakar di area tembaganya.Maka dari itu, guna mengembalikan performa pencahayaan pada lampu ini, Anda harus menggantinya dengan fitting yang baru. Sehingga, nyala lampu motor pun dipastikan akan kembali normal.Tentu dengan catatan jika masalahnya sudah jelas pada masa pakai fitting lampu yang perlu untuk diganti.

Selanjutnya, faktor penyebab lain yang membuat lampu pada motor menjadi redup pun juga bisa dipicu karena saklar pada lampu sudah berusia lama.Pasalnya, dipastikan ada beberapa kotoran, seperti debu maupun korosi yang bisa menjadi pemicu fungsi saklar menjadi menurun.Hanya saja, kondisi seperti ini sangat jarang ditemukan pada model motor saat ini. Karena, motor keluaran terbaru sekarang ini semuanya sudah menggunakan teknologi AHO yang mana secara otomatis membuat lampu pada motor menyala secara terus menerus.

Penyebab lampu motor redup lain yang banyak ditemui adalah karena pada bagian akinya sudah mulai melemah.Sebagai sumber penyuplai arus, tentu saja aki sangat berperan dalam memberikan daya pada tiap komponen yang membutuhkan listrik, seperti pada lampu motor.Bila kondisi lampu motor tiba-tiba redup maka kemungkinan aki pada motor Anda mengalami pelemahan daya yang berakibat pada suplai daya menjadi berkurang.Namun, sebelum memutuskan bahwa pemicu lampu motor redup berasal dari aki, usahakan terlebih dahulu untuk memeriksa bagian aki itu sendiri.Bisa jadi, kondisi aki masih bagus dan normal sehingga bukan di sini letak masalahnya. Namun, jika memang kondisi aki bermasalah maka sudah pasti kemungkinan besar penyebab utamanya terletak pada bagian aki itu sendiri.

Sementara itu di sisi lain, yang menjadi pemicu atau penyebab lampu motor redup bisa dikarenakan pada kinerja kiprok yang mulai melemah.Karena, kiprok di sini berperan penting dalam mengatur sekaligus mengubah arus AC yang berasal dari spul penerangan ke arus DC.Nah, bila memang didapati bahwa kondisi kiprok motor sudah mulai menunjukkan gejala melemah, maka biasanya nantinya akan ada banyak masalah yang terjadi pada sistem kelistrikan, tak terkecuali pada sistem penerangan motor ini.Dengan demikian maka Anda harus benar-benar memastikan bahwa kondisi pada kiprok motor selalu dalam keadaan baik.

Ulasan kali ini cukup panjang untuk masalah yang sebenarnya amat sederhana. Namun kita tidak boleh anggap sepele karena sekecil apa pun masalah pada motor trail Anda, jika dibiarkan bisa berubah menjadi sesuatu yang membahayakan.

comments

`