TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Ini Cara Atur Jarak Ideal Tuas Kopling

Tips & Tricks 07.10.2020

Ini Cara Atur Jarak Ideal Tuas Kopling


Melakukan penyetelan kopling pada motor trail memang bisa dilakukan sendiri tanpa perlu repot ke bengkel. Namun, jika salah atur jarak bebasnya bisa berdampak pada penurunan performa bahkan kerusakan komponen.

Penyetelan yang salah bisa berpengaruh pada keawetan komponen kopling itu sendiri. Setelan kopling terlalu pendek dikhawatirkan tekanan antara kampas kopling dengan plat kopling kurang kuat. Efeknya bisa selip, ini akan membuat laju motor tidak maksimal dan boros kanvas kopling.

Sementara jika jarak main kopling terlalu renggang akan menyebabkan proses pelepasan kampas kopling dengan plat (saat kopling ditarik) tidak maksimal. Akibatnya proses perpindahan gigi lebih sulit, laju motor pun tidak halus. Jarak bebas atau free play yang ideal antara 10-15 mm.

Nah, untuk Anda yang ingin melakukan penyetelan ulang kopling motor trail ada beberapa langkah yang bisa diikuti, kami akan coba jelaskan langkah-langkahnya ya.

Setiap motor trail punya perbedaan alat atau kunci untuk menyetel kopling. Tapi agar memudahkan penyetelan, posisikan motor menggunakan standar 2 atau stand penyangga ya. Renggangkan posisi handle kopling lalu kendurkan baut pengunci menggunakan kunci pas. Setelah mur tadi kendur, putar mur lain searah jarum jam. Nah atur kerenggangan sesuai dengan panjang jari Anda. Jika sudah sesuai, kencangkan mur yang lebih kecil sesuai arah jam hingga merapat ke mur ukuran yang lebih besar. Kunci keduanya dengan kunci pas hingga kencang.

Jika dirasa belum mendapatkan setelan yang pas, Anda bisa melakukan penyetelan di handle kopling. Caranya kendurkan dengan tang lancip lalu putar ulir ketegangan agar mendapatkan jarak main yang ideal. Catatan, ketika masuk gigi 1 dengan kondisi tuas kopling ditarik penuh dan ban tidak berputar, artinya penyetelan kopling Anda sudah benar. Oh iyajangan lupa untuk melumasi bagian-bagian yang bergerak seperti pin handle, kabel, dan tuas kopling, secara rutin ya agar komponen tadi memiliki usia pakai yang lebih panjang.

Berita terkait

News
Teknis Kendaraan 15.02.23

Kenalan Dengan Ban Balap Kelas..

Ini Ban Supermoto Yang Banyak Dipakai Pebalap Dunia Banyak ban yang beredar saat ini menawarkan beragam kelebihannya. Masing-masing mengklaim lebih...

News
Teknis Kendaraan 14.02.23

Pembaruan Mutakhir Motor Adventure Italia!

Pembaruan Mutakhir Motor Adventure Asal Italia Pabrikan motor asal Italia, Ducati baru-baru ini meluncurkan pembaruan dari salah satu motor adventure...

News
Teknis Kendaraan 13.02.23

Komponen Rem Kelas Sultan!

Komponen Pengereman High End Supermoto Buat Anda yang memodifikasi motor trail menjadi supermoto, perubahan pada kaki-kaki tentu saja hal yang...