caption trialgame

Ini Cara Bikin Awet Knalpot Motor Bawaan Pabrik

Tuesday, 19 May 2020

Ini Cara Bikin Awet Knalpot Motor Bawaan Pabrik

Knalpot menjadi bagian penting pada motor, berfungsi sebagai jalur pembuangan proses pembakaran dalam ruang mesin. Merawat knalpot orisinil diperlukan agar performa tetap handal. Kendati banyak pengguna motor trail yang mengganti knalpot bawan pabrik dengan produk after market dengan beragam alasan, tidak sedikit juga yang masih menggunakan knalpot bawaan pabrik. Biasanya yang jarang mengganti knalpot adalah pengguna motor trail dual sport harian yang menggunakan tunggangan mereka untuk kegiatan sehari-hari.

Knalpot orisinil bawaan pabrik merupakan knalpot dengan setingan yang sudah diperhitungkan secara benar. Maka dari itu Anda pasti tidak menginginkan knalpot motor menjadi rusak sehingga proses pembuangan panas mesin tidak maksimal.Knalpot sebenarnya memiliki usia pakai yang tergolong lama, meski demikian tetap dibutuhkan perawatan agar fungsi dan dan wujudnya tidak mudah rusak dan karatan.

Nah hal pertama yang harus dilakukan agar knalpot tetap awet adalah mengoleskan oli pada lubang silincer knalpot, lakukan 2 bulan sekali agar knalpot anda terhindar dari korosi dan kebocoran. Karena jika sampai terjadi maka tenaga yang dihasilkan tidak maksimal, dan suaranya akan terdengar parau.

Jika knalpot terlanjur sudah korosi atau berkarat, maka langkah pembersihannya dengan menyikat ditambah dengan deterjen pada bagian yang korosi atau berkarat tersebut hingga bersih, jika sulit bisa menggunakan sikat dari kawat agar lebih mudah.Kemudian oleskan oli pada leher knalpot bersamaan dengan menyalakan mesin motor agar kotoran pada leher knalpot tersebut bisa mengelupas dengan sendirinya.

Oh iya jika motor Anda sering dibawa berpetualang di medan basah maka sebaiknya langsung membersihkannya ya. Apalagi jika sehabis terkena hujan karena kadar garam air hujan juga bisa menyebabkan karat, baiknya untuk semprot juga dengan cairan anti karat, untuk mecegah terjadinya proses karat.

Jangan lupa untuk  selalu cek lubang pembuangan air yang berada ditengah bagian bawah, jangan sampai tersumbat.Usia penggunaan knalpot biasanya terhitung lama, namun jika tidak pernah dirawat apalagi sering terkena air atau lumpur dan jarang dibersihkan maka esiko karat akan lebih cepat. Jika sudah berkarat akan berakibat menjadi keropos dan merusak fungsi dan bentuk knalpot .

 

comments

`