caption trialgame

Ini Cara Mudah Adaptasi Naik Motor Trail!

Tuesday, 14 September 2021

Ini Cara Mudah Adaptasi Naik Motor Trail!


Motor trail adalah jenis motor sport yang mampu melibas beragam medan dari yang standar hingga yang ekstrem. Nah bagi Anda yang belum pernah mengendarai atau memiliki motor trail, pasti akan memerlukan adaptasi saat mengendarai motor jenis ini. Apalagi jika Anda terbiasa mengendarai skuter matik atau motor bebek.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengendarai motor trail, namun perbedaaan yang paling utama tentu saja penggunaan kopling dan cara pengereman yang berbeda, apalagi jika dibandingkan dengan motor matik.  Hal –hal apa saja sih yang harus dipahami dan dikuasai agar mengendarai  motor trail menjadi nyaman? simak ulasannya ya.

Yang pertama harus  diperhatikan adalah postur tubuh waktu naik motor trail. Dari ukurannya, motor trail  lebih besar dibanding motor matic. Untuk bisa mengimbanginya, Anda harus memastikan tubuh dalam postur yang tepat ketika berkendara. Berikut ini panduannya untuk Anda.  Pastikan bahu tetap rileks dan tidak kaku saat berkendara. Kemudian pastikan tubuh dalam posisi yang mampu mengontrol motor sepenuhnya.  Tempatkan telapak kaki pada footrest, dengan ujung jari kaki yang responsif untuk melakukan pengereman maupun memindahkan kopling.

Untuk postur lutut, pastikan ada jarak antara lutut dengan tangki, supaya tetap nyaman saat berkendara. Pegang handle dengan posisi tempurung telapak tangan menghadap ke atas, bukan sebaliknya. Kemudian tekuk siku, tapi tetap pastikan lengan dalam kondisi rileks. Dan yang terakhir jaga pandangan tetap lurus ke depan, tapi tetap waspada dengan kondisi di sekeliling.

Yang penting untuk dipelajari adalah menurunkan gigi serta menarik tuas kopling. Sebab jika sudah lama terbiasa mengendarai motor matic, Anda hanya perlu melakukan pengereman ketika hendak berhenti. Namun, lain halnya dengan motor trail . Anda mesti menurunkan gigi dan menarik tuas kopling agar mesin tidak mati, ketika melakukan pengereman.

Jika sudah menguasai hal-hal di atas, rasanya hanya perlu adaptasi sebentar saja sebelum Anda mahir mengendalikan motor trail. memang ada perbedaan dari pengoperasiannya dengan motor matik, namun secara garis besar memiliki benang merah yang sama.

comments

`