caption trialgame

Ini Fungsi Katup Membran Pada Trail 2-Tak!

Tuesday, 9 August 2022

Ini Fungsi Katup Membran Pada Motor Trail 2-Tak!


Ada sebuah komponen pada motor trail 2-tak yang ternyata memiliki fungsi vital pada motor trail Anda lho. Tentu Anda sudah mengetahaui bahwa performa motor trail 2-tak memang lebih bertenaga dibandingkan dengan yang lainnya. Power yang besar serta tarikan gas yang galak menjadi nilai lebih motor trail jenis.  Nah seperi sudah disebutkan, ada sebuah komponen yang menyerupai klep yang letaknya berada di antara intake manifold dan biasa disebut dengan nama membran atau bahasa internasionalnya adalah reed valve.

 Lantas apa ya fungsi dari membran motor trail 2-tak? ternyata komponen ini berfungsi sebagai  katup yang mengatur masuknya campuran bahan bakar dan udara ke mesin. membran diibaratkan  sebagai pintu masuknya bahan bakar dan udara yang telah dicampur di karburator menuju ke ruang bakar. Selain itu komponen ini  juga memiliki fungsi sebagai penghalang terbakarnya bahan bakar di luar silinder.

Sistem kerja membran tidak membutuhkan perangkat elektronik hanya mengandalkan vakum pada gerak piston. Pada saat piston naik dari TMB (Titik Mati Bawah) ke TMA (Titik Mati Atas) terjadi kevakuman, lalu membran tertarik terbuka, kemudian campuran bahan bakar dan udara masuk ke silinder.  Sebaliknya pada saat piston turun dari TMA ke TMB katup membran akan tertutup.

Nah layaknya komponen motor trail lainnya, membran juga bisa mengalami kerusakan. Salah satu yang paling umum karena faktor usia pakai yang sudah cukup lama. Tapi settingan karburator yang terlalu irit juga mampu membuat komponen ini mengalami kerusakan. Setelah karburator yang membuat konsumsi bahan bakar menjadi irit biasanya berimbas pada suhu mesin motor yang menjadi cepat panas. Nah membran yang permukaanya terbuat dari karet karbon, menjadi mudah getas dan rapuh akibat suhu panas tadi.

Namun settingan membran yang kurang tepat ternyata juga bisa membuat komponen ini mengalami kerusakan. Penyetelan stopper yang terlalu tinggi membuat lidah membran terbuka lebar secara ekstrim dan membuat tekukan yang membekas, kemudian rusak. Jadi jika Anda ingin mengotak-atik komponen ini kami sarankan untuk melakukannya bersama montir yang terlatih ya, salah-salah malah harus membeli komponen baru.

 

comments

`