caption trialgame

Ini Komponen Yang Hanya Ada di Motor Trail Listrik!

Wednesday, 4 May 2022

Ini Komponen Yang Hanya Ada di Motor Trail Listrik!


Peredaran motor trail listrik di Indonesia memang masih belum banyak, kendati demikian tidak sedikit lho produsen motor lokal yang memperkenalkan motor trail listrik terbaru mereka dalam kurun waktu setahun belakangan ini. Kendati memang sebagian besar masih berupa prototipe, namun setidaknya hal ini membuat geliat motor trail listrik bergerak kendati dengan sangat pelan.

Nah layaknya kendaraan bermotor, motor listrik juga memiliki beragam fitur unggulan yang membedakan mereka dari motor trail konvesional. Salah satu fitur yang tidak akan ditemukan pada motor trail konvesional adalah Battery Management System atau yang biasa disingkat dengan istilah BMS.

Ternyata BMS ini bukah hanya fitur lho, melainkan sebuah komponen yang melekat pada motor trail listrik. Lalu apa sih sebenarnya fungsi dari battery management system yang berbentuk seperti lempengan part elektronik di motor listrik?

Battery management system ini adalah komponen yang melindungi dan mengatur siklus kerja battery di kendaraan listrik. Penjelasan sederhananya, fungsi battery management system ini untuk mencegah terjadinya overcharge dan overdischarge pada baterai.

Selain itu, BMS pada kendaraan listrik bisa juga melindungi baterai dari suhu yang terlalu tinggi. Pada beberapa baterai, jika sudah mencapai suhu tertentu yang ditentukan, BMS akan mengintruksikan kipas agar menyala untuk membantu mendinginkan baterai.

BMS ini ternyata juga mengatur daya yang dikeluarkan setiap cell baterai untuk menjalankan motor listrik. Jadi battery kendaraan listrik itu kan di dalamnya berisi banyak baterai Li-ion kecil seperti baterai Vape yang dirangkai jadi 1. Nah, BMS ini juga yang mengatur daya yang dikeluarkan setiap cell baterai ketika bekerja.

Dengan adanya BMS, kerja baterai di motor listik jadi lebih terorganisir dan lebih terlindungi. Makanya, battery management system ini termasuk komponen inti di motor listrik. Karena BMS lah yang mengatur arus dan menjaga kondisi baterai agar sesuai kebutuhan, serta membuatnya menjadi lebih awet.

comments

`