caption trialgame

Ini lho fungsi dan kegunaan Balaclava!

Wednesday, 9 March 2022

Ini lho fungsi dan kegunaan Balaclava!


Perlengkapan berkendara, apalagi jika Anda menggunakan motor trail di medan offroad, merupakan salah satu komponen krusial yang harus dimiliki. Mulai dari  perlengkapan keselamatan yang wajib digunakan seperti helm, sarung tangan, sepatu boots dan lainnya, hingga perlengkapan pendukung seperti kneebrace, hydropack, chest plate dan masih banyak lagi. Nah salah satu perlengkapan populer yang kini banyak digunakan adalah balaclava.

Balaclava merupakan penutup kepala yang digunakan sebelum memakai helm.  Penggunaan Balaclava mengesankan trendy dan keren. Di Inggris  Balaclava dikenal  dengan istilah Bally atau topeng ski. Terbuat dari bahan kain yang dirancang untuk memperlihatkan hanya sebagian wajah, terutama mata dan mulut. Atau tergantung pada gaya dan cara pemakaiannya.

Cara penggunaan balaclava pun beragam. Ada yang hanyamemperlihatkan mata, mulut dan hidung, atau hanya bagian depan wajah. Bisa juga digunakan dengan mengulung jadi topi untuk menutupi ubun-ubun kepala atau dilipat ke bawah sebagai kerah di leher.

Lalu sebenarnya fungsi utama dari balaclava apa sih? Utamanya memang sebagai penutup kepala, agar keringat tidak langsung menempel pada bagian dalam helm. Kalo keringat menempel sudah pasti lama kelamaan akan menimbulkan bau tidak sedap pada bagian dalam helm anda. Nah hal ini juga menjaga usia helm menjadi lebih panjang masa kegunaannya karena tidak perlu terlalu sering dibersihkan.

Kemudian disaat pandemi covid masih beredar luas, balaclava juga bisa berfungsi melidungi bagian mulu dan hidung serta bisa mengurangi masuknya  debu dan polusi saat  berkendara. Nah kendati memang tidak seaman masker, namun tentu lebih baik daripada tidak menggunakan sama sekali.

Nah lantas bagaimana cara memilih balaclava? maklum saja piranti ini digunakan menutup bagian kepala Anda, jika tidak nyaman sudah pasti Anda tidak bakal betah saat menggunakannnya. Nah jika ingin membeli baclava, kami sarankan untuk memilih yang menggunakan bahan dry fit, karena mampu menyerap keringat. Di pasaran  memang banyak balaclava yang beredar namun, kebanyakan terbuat dari spandex atau kain biasa.  Bahan seperti itu, cenderung tidak menyerap keringat dengan baik, sehingga kepala cepat terasa panas dan balaclava sulit kering.

Oh iya penggunaan balaclava tidak membuat helm terhindar kadaluarsa dari masa penggunaannya. Helm tetap harus diganti ketika sudah tidak nyaman lagi atau busa tidak mampu mencengram kepala dengan proporsional.

comments

`