caption trialgame

Ini lho Keunggulan Motor Trail Radiator

Thursday, 12 September 2019

Motor trail yang menggunakan sistem liquid cooled biasanya mudah dicirikan dengan keberadaan radiator yag berbentuk box persegi panjang yang terletak antara mesin dan roda depan. Radiator bekerja dengan bantuan cairan pendingin, atau yang biasa dikenal dengan nama Radiator coolant. Cairan ini bakal bersirkulasi diantara saluran yang menghubungkan Mesin & Radiator. Jika suhu coolant sudah mencapai titik didih maka kipas pembuangan hawa panas yang berada di dalam radiator bakal menyala untuk mendinginkan coolant dan begitu seterusnya.

Motor trail yang menggunakan radiator memiliki lebih banyak part internal di area mesin dan pendinginan, seperti sensor suhu, water jacket, pompa radiator, dan kipas elektrik. Piranti tadi tidak akan Anda temui di motor berpendingin udara biasa. Oleh karena itu dia membutuhkan perawatan ekstra agar,komponen internal tadi tetap berfungsi dengan semestinya.

Pada motor trail yang menggunakan Radiator, Anda harus membersihkan piranti tersebut berikut kipasnya minimal setelah melakukan jarak tempuh sejauh 10 ribu kilometer. Lalai melakukan ini siap-siap dihantui masalah seperti pompa radiator, kipas radiator gosong, klem radiator bocor, dan masalah lainnya. Jika salah satu terganggu, sudah bisa dipastikan bahwa motor trail liquid cooled akan mengalami overheat.

Motor trail yang menggunakan radiator biasanya memiliki suhu mesin yang jauh lebih stabil, tak heran jika motor trail jenis ini biasanya memiliki spesifikasi yang lebih tinggi seperti rasio kompresi mesin tinggi, clearance silinder yang lebih rapat, dan cylinder head lebih advanced, dibandingkan dengan motor trail berpendingin air-cooled. Hal ini pula yang kemudian berimbas pada lebih besarnya power-per-displacement (HP/CC mesin) di motor trail yang menggunankan teknologi liquid-cooled ini dibangingkan dengan motor trail air-cooled.

Nah saat ini penerapan teknologi liquid-cooled pada motor trail terbaru terbilang lebih stabil dan canggih dalam pendinginan mesin, tidak heran jika kemudian tenaga yang dihasilkan lebih besar dibandingkan motor trail keluaran lama. Angka horse power yang dihasilkan juga semakin luar biasa, sehingga memiliki kombinasi power dan torsi yang lebih besar.

Image credit : motosport.com

comments

`