caption trialgame

Ini Nih Beragam Gaya Supermoto Stylish

Friday, 27 September 2019

Supermoto merupakan turunan motor trail yang sudah dimodifikasi. Nah tapi tahukah Anda ternyata supermoto pun memiliki beberapa macam jenis lho. Ada yang peruntukannya untuk balap, touring dan style.

Nah artikel kali ini akan mengulas beragam jenis gaya modifikasi supermoto style yang biasanya mengedepankan tampilan baru kemudian performa mesin. Terkadang bahkan supermoto jenis ini tidak memikirkan performa mesin sama sekali, yang penting terlihat stylish. Untuk supermoto style sendiri biasanya ada beberapa macam gaya aliran modifikasi seperti Cafe Racer, Brat Style, Tracker dan Scrambler. Penasaran kan? Simak ulasannya yuk.

Ciri motor beraliran cafe racer dapat dilihat dari tampilannya yang minimalis. Modifikasinya mengacu pada tampilan motor-motor Grand Prix era 50-an. Biasanya motor custom yang satu ini mengenakan setang jepit serta model tangki yang sejajar dengan bagian ekor motor yang mengapit jok pengendara sehingga motor ini hanya bisa ditunggangi satu orang. Zaman sekarang, para manufaktur sepeda motor telah memperhatikan minat konsumen yang tinggi terhadap model cafe racer, sehingga banyak yang merilis tipe ini tanpa perlu melakukan modifikasi lagi.

Sementara itu Brat adalah gaya yang dipopulerkan oleh orang Jepang yang sedikit memodifikasi tampilan Cafe Racer. Supermoto dengan gaya brat biasanya memiliki jok rata seperti skateboard yang sangat khas atau jok bergaya pisang.

Supermoto bergaya Tracker sepintas terlihat sangat mirip dengan Café-Racer tapi ini gaya Tracker adalah desain yang berasal dari balap trek tanah Amerika. Jadi Tracker identik dengan dual purpose dirancang untuk menerabas tanah dan aspal sebagai lawan dari Motor Moto GP yang ditiru Café-Racer. Biasanya Tracker mempunyai single jok dan posisi duduk lebih tegak bagi pengendara. Tracker yang paling terkenal adalah yang dikendarai oleh Evel Knievel.

Kemudian tangki biasanya berbentuk bulat memanjang posisinya agak tidak datar. Lampu depan yang biasa digunakan memakai lampu bulat. Nah jika tracker sepintas mirip Café-Racer, maka Scrambler sekilias mirip dengan Tracker tapi memiliki ground clearence lebih tinggi untuk menghindari lumpur atau bahaya off-road lainnya. Scrambler biasanya menggunakan ban dual purpose dan posisi knalpot yang tinggi untuk memaksimalkan fungsi motor ini.

Image Credit : ultimatemotocycling.com

comments

`