TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Ini penyebab gigi macet!

Teknis Kendaraan 26.07.2022

Ini penyebab gigi macet!


Salah satu masalah yang kerap dijumpai pada motor trail yang sudah jam tinggi jam terbangnya yaitu persneling yang keras atau gigi transmisi susah masuk. Kondisi seperti ini jelas sangat membahayakan,  apalagi jika motor trail sering digunakan di jalan raya. Lambatnya perpindahan gigi transmisi bisa berakibat akselerasi berkurang, dan dalam kondisi tertentu, seperti saat akan menyalip kendaraan lain, bisa menjadi amat membahayakan.

Setidaknya terdapat tiga penyebab kerasnya perpindahan transmisi. Pertama, yaitu karena jarak renggang tuas persneling terlalu sempit. Pengaturan jarak renggang cukup berpengaruh. Jika terlalu renggang, membuat pindah gigi sulit. Idealnya jarak itu tiga milimeter.

Macetnya persneling motor juga akibat tuas pendorong kopling yang sudah mulai rusak.  Jika tuas sudah tidak berfungsi, akan membuat susahnya pengendara mengoper gigi.  Jika bola penekan tuas otomatis dan alurnya sudah mulai rusak, biasanya persneling susah dipindahkan, meski mur dan baut jarak renggang sudah diatur. Nah jika hal ini terjadi mau tidak solusinya yaitu harus mengganti dengan yang baru.

Selanjutnya, penyebab susahnya perpindahan persneling yaitu karena pelat kopling yang sudah bengkok atau rusak. Bila komponen ini sudah melengkung, posisi kerenggangan kampas kopling jadi tidak maksimal. Alhasil, transmisi yang masih berputar akan mempersulit tangkai pemindah menggeser drum pemindah gigi.

Untuk mengetahui kalau pelat sudah melengkung, Anda  bisa melihatnya dari tekanan balik kampas dengan pelat yang di rumah kopling, atau kampas bisa diletakkan di atas kaca. Bila sudah melengkung, sebaiknya diganti.

Terakhir, Anda bisa juga memeriksa tuas transmisi motor, terdapat semacam besi penghubung antara poros transmisi dan tuas ganti gigi.  Bisa jadi penyebab susah ganti gigi atau tuas transmisi motor macet karena tuas transmisi motor ini kotor dan berkarat. Mengatasinya gampang, cukup pakai gemuk atau pelumas, dan sedikit lakukan gerakan menekan berulang sampai dirasa sudah mulai mulus kembali gerakannya.

Berita terkait

News
Teknis Kendaraan 15.02.23

Kenalan Dengan Ban Balap Kelas..

Ini Ban Supermoto Yang Banyak Dipakai Pebalap Dunia Banyak ban yang beredar saat ini menawarkan beragam kelebihannya. Masing-masing mengklaim lebih...

News
Teknis Kendaraan 14.02.23

Pembaruan Mutakhir Motor Adventure Italia!

Pembaruan Mutakhir Motor Adventure Asal Italia Pabrikan motor asal Italia, Ducati baru-baru ini meluncurkan pembaruan dari salah satu motor adventure...

News
Teknis Kendaraan 13.02.23

Komponen Rem Kelas Sultan!

Komponen Pengereman High End Supermoto Buat Anda yang memodifikasi motor trail menjadi supermoto, perubahan pada kaki-kaki tentu saja hal yang...