caption trialgame

Ini Penyebab Helm Motor Trail Bermotif Lebih Berat

Thursday, 2 July 2020

Ini Penyebab Helm Motor Trail Bermotif Lebih Berat


Selain menjadi alat pelindung utama, helm bisa menjadi pembeda antara Anda dengan teman Anda. ditambah lagi akhir-akhir para produsen helm marak mengeluarkan beragam jenis helm dengan beragam desain dan tipe, sehingga helm seolah menjadi fashion tersendiri dalam dunia otomotif.

Nah akhir-akhir ini amat sangat jarang ditemukan helm motor trail tanpa motif. Nyaris sebagain besar helm untuk motor trail memiliki beragam macam motif menyolok. Nah tapi tahukah Anda bahwa ternyata helm yang bermotif dan bercorak memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan dengan helm yang tanpa motif?

Dengan tipe yang sama, perbedaan berat antara helm polos dan bermotif sekitar 10 gram sampai 20 gram. Kendati perbedaan berat helm keduanya tidak terlalu siginifikan namun jika digunakan dalam waktu yang lama, sedikit banyak akan menambah beban di kepala Anda.

Nah perbedaan berat tersebut disebabkan karena helm motif punya tambahan corak grafis serta material cat yang digunakan.Perbedaan bobot helm ini juga bisa karena cat dan pernis yang dipakai. Biasanya helm produksi lokal menggunakan tipe cat water based, yang lebih ekonomis namun memiliki daya tahan yang cukup lama.

Selain tambahan corak grafis dan material cat, perbedaan bobot helm juga ditentukan oleh jenis bahan shell yang dipakai.Helm dengan bahan full carbon tentu bobotnya lebih ringan dibandingkan helm dengan bahan polikarbonat.

Biasanya pihak pabrikan motor selalu memberikan keterangan mengenai bobot helm yang mereka jual pada bagian luar box. Namun cara penulisannya biasanya sedikit unik karena tidak mencantumkan angka yang pasti. Misalnya di helm tertulis 1250 ± 50 gram, ini merupakan estimasi bentangan bobot helm dari ukuran terkecil sampai terbesar di tipe yang sama. Biasanya satu jenis helm memiliki 4 ukuran yaitu S, M,L dan XL.

Nah buat Anda yang gemar memodifikasi helm Anda dengan air brush, harus sedikit lebih waspada. Karena penambahan material cat pada helm tentu akan menambah berat dari helm tersebut, apalagi jika cat yang digunakan oil based yang memiliki tingkat kekentalan yang lebih dibandingkan cat waterbased.

 

comments

`