caption trialgame

Ini Ternyata Fungsi Serat Baja di Slang Rem

Wednesday, 18 December 2019

Ayunan handle rem motor trail baru biasanya terasa bergerak sedikit, atau dalam artian tidak dalam. Beda dengan motor trail yang sudah berumur dan selalu dipakai, ada gejala ayunan handle rem sangat dalam hingga menyentuh jari manis atau kelingking.

Beda cerita kalau ayunan handle rem sudah dalam, tapi remnya ngempos, alih-alih berhenti malah bisa bertabrakan dengan kendaraan di depan. Bila sudah begini, mau enggak mau harus datang ke bengkel buat diinspeksi. Umumnya yang menjadi kambing hitam adalah adanya udara yang terjebak di selang rem.

Namun masalah bisa juga timbul dari kabel rem yang sudah rapuh, kualitas kabel rem berkurang karena getas seiring usia pemakaian. Maka dari itu, harus dilakukan penggantian. Nah biasanya banyak yang mengganti kabel rem yang mirip dengan bawaan pabrik, tapi jika ingin mencoba mendapatkan pengereman yang lebih baik, tidak ada salahnya mencoba slang rem after market untuk balapan.

Slang rem racing umumnya punya diameter yang kecil ketimbang selang bawaan. Hal tersebut membuat slang rem racing lebih jarang kemasukan udara dan tahan terhadap panas. Keunggulan lainnya adalah material yang digunakan selang rem racing adalah braided steel berupa anyaman baja yang tidak mudah mengembang, dan kuat terhadap tekanan dari master rem.

Ketika rem bekerja biasanya slang rem karet biasa bisa mengembang akibat panas, nah disitulah fungsi serat baja tadi, dia menahan slang rem agar tidak mengembang. Kalau slang rem mengembang bisa ngelos atau ngeblong, harus sedikit dimainkan agar fungsinya kembali normal.

Maka dari itu fungsi slang rem dengan serat baja sebenarnya bukan untuk membuat sistem pengereman lebih pakem tapi lebih untuk menahan slang rem agar tidak mengembang. Dengan slang rem yang tidak mengembang, pengereman juga menjadi lebih stabil.Memang slang rem jenis ini memiliki harga jual yang sedikit lebih mahal, tapi jika fitur yang ditawarkan juga berbeda dengan yang standar tentu seharusnya perbedaan harga yang sedikit tidak akan menjadi masalah ya.

comments

`