caption trialgame

Ini Ternyata Keunggulan Ban Radial

Thursday, 9 May 2019

Salah satu syarat utama untuk merubah motor trail offroad menjadi supermoto adalah dengan mengganti jenis ban yang digunakan. Seperti sudah diketahui bahwa umumnya motor trail menggunakan ban tahu, sebagai perlengkapan standarnya namun ban jenis tidak nyaman untuk digunakan secara harian di atas jalan aspal. Untuk itu Anda harus mengganti dengan ban dual sport yang memungkinkan untuk dibawa ngebut di atas aspal namun tetap handal di medan offroad.

Tapi tahukah Anda bahwa ada dua jenis ban motor yang beredar saat ni yaitu radial dan bias. Percaya atau tidak ternyata masih banyak yang belum tahu perbedaan ban motor berjenis radial dan bias.Padahal kedua jenis ban tersebut sudah banyak ditemui di pasaran. Nah biar nambah wawasan, Kami akan bantuk jelaskan sedikit ya perbedaan keduannya.

Yang pertama adalah jenis bahan dasarnya. untuk ban bias menggunakan lapisan dari bahan serat nilon, Sementara ban radial, menggunakan lapisan serat baja.Ban radial dianggap emiliki beberapa kelebihan dibanding ban bias. Yang pertama, ban motor tipe radial memiliki dinding ban yang lebih fleksibel dibandingkan ban bias.

Kontruksi ban radial mampu menghasilkan daya cengkram yang kuat pada sudut yang lebih kecil seperti saat motor sedang berbelok. Oh iya kontruksi dari ban radial juga membuat kontak ke permukaan jalan lebih merata alias tidak terpusat di satu bagian saja. Hal tersebut membuat umur pakai ban radial bisa lebih panjang dibandingkan ban bias.

Daerah yang tergerus aspal juga bisa lebih merata alias tidak habis di bagian tengah saja. Dan yang terakhir, kelebihan ban tipe radial dibandingkan bias ada pada daya redamnya.Karena lebih fleksibel, ban tipe radial bisa meredam getaran dari jalan yang keriting atau bergelombang. Terasa juga saat motor diajak melintas handicap yang biasa ditemui di lintasan lomba supermoto dalam kecepatan tinggi. Ban dengan tipe radial bakan lebih smooth alias tidak terlalu memantul dibandingkan ban tipe bias. Nah jadi jangan salah pilih ban ya jika ingin mengganti dengan yang baru.

comments

`