caption trialgame

Ini Tips Modif Biar Handal di Grasstrack

Tuesday, 21 March 2023

Ini Tips Modif Biar Handal di Grasstrack


Grasstrack di Indonesia merupakan salah satu kelas lomba balap motor offroad yang paling digandrungi. Menurut website ikatan motor indonesia, Grass track adalah sebuah ajang balapan yang menggunakan track tanah,grass track berbeda dgn ajang balapan motocross, ajang balapan grass track mebatasi kapasitas mesin motor balapnya, motor-motor yang di gunakan umumnya mempunyai kapasitas mesin dari 110 cc sampai 125 cc, di ajang balapan grass track mempunyai beberapa kelas di mulai dari kelas bebek 4 tak open, kelas bebek 4 tak pemula, kelas bebek 2tak-4tak campuran, dan motor yang di gunakan bebas dan memenuhi kreiteria di atas.

Grastrack di Indonesia memiliki kesamaan, yakni sama-sama balapan di medan offroad yang berlumpur dan basah. bedanya, untuk balapan kejuaraan dunia motocross menggunaan motor special engine (SE). Namun untuk grasstrack ada kelas yang masih menggunakan motor bebek untuk balapan.

Motor yang awalnya digunakan untuk kebutuhan jalan raya kini disulap menjadi kebutuhan balap di medan offroad. Jalanan yang berlumpur dan basah akibat guyuran hujan pastinya membuat beberpa part butuh penyesuaian juga agar terhindar dari mogok. Apa saja sih part-part tersebut? Simak ulasannya ya.

Yang terpenting adalah selang box filter yang menuju ke karburator dan busi, itu harus diperhatikan agar tidak ada yang bocor" ucap mekanik subur ini. Saluran box filter bila dibiarkan ada celah potensi masuknya air dan lumpur semakin besar. Bila terhisap oleh karburator akan sangat bahaya bagi mesin. Selain menggunakan box filter sSE yang memiliki ruang lebih besar, Anda bisa menggunakan isolasi hitam untuk membungkus celah yang masih belum rapat.

Kemudian perhatikan juga busi motor Anda ya, karena part pengapian ini juga rawan terkena air dan lumpur. Anda bisa memodifikasi bagian busi dengan membuat kotak atau case case pembungkus busi dari plat besi untuk menahan air atau lumpur. Dan untuk lebih aman lagi, Anda bisa menggunakan menggunakan isolasi hitam dan dibungkus agar busi aman.  Pada balapan grasstrack, Anda dituntut untuk terus berinovasi. Dengan cara demikian, cuaca seperti apapun harus siap dihadapi ya.

 

comments

`