caption trialgame

Inovasi Hebat, Gantikan Komponen Plastik Dengan Kertas!

Tuesday, 19 April 2022

Inovasi Hebat Gantikan Komponen Plastik Dengan Kertas!


Pabrikan kendaraan listrik asal Swedia, Cake, yang terkenal dengan motor trail listrik dual sport mereka yaitu Cake Kalk Ink SL sedang melakukan riset untuk mengurangi plastik yang digunakan dalam pembuatan sepeda motor listriknya. Cake sedanga melakukan inovasi untuk menggantikan komponen plastik dengan kertas.

Meskipun motor listrik dapat menawarkan pengendaraan yang jauh lebih bersih dan lebih tenang daripada sepeda motor dengan mesin pembakaran, bahan yang dipilih untuk komponen tetap dapat berdampak negatif terhadap lingkungan. Salah satu bahan yang dipertanyakan adalah plastik.

Dalam upaya Cake gantikan komponen plastik dengan kertas itu tidak sendiri. Cake menggandeng Papershell, bekerja sama untuk mengevaluasi bahan komposit seperti kertas alami untuk menggantikan komponen plastik sepeda motor listrik produknya.

“Cake didirikan untuk menginspirasi menuju masyarakat tanpa emisi dan ini tentu saja melibatkan penyelidikan yang cermat terhadap bahan terbaik untuk digunakan dalam sepeda listrik kami,” kata pendiri dan CEO Cake, Stefan Ytterborn. “Kami senang bekerja dengan PaperShell dan berharap kami dapat memainkan peran penting dalam menemukan bahan yang dapat meminimalkan atau bahkan menghapus penggunaan plastik konvensional di sepeda motor kami. Ini adalah kolaborasi yang pada akhirnya akan bermanfaat bagi seluruh industri kendaraan dan lingkungan.”

Komponen PaperShell terbuat dari 100 persen selulosa dan dicetak dengan press, atau dicetak menggunakan inflator bladder. Komponen kertas cetak itu dilaporkan tahan cuaca seperti plastik dan sekuat komposit serat, tetapi lebih ramah lingkungan daripada keduanya.

Cake mengatakan bahwa bahan tersebut memiliki jejak karbon rendah sebesar 0,65 kg CO2 per kilogram, dibandingkan dengan 4,95 kg CO2 untuk polipropilen dan 25,05 kg CO2euntuk fiberglass. Jika sudah habis masa pakainya, komponen tersebut dapat didaur ulang di fasilitas yang ada. “Kami berharap dapat mengganti sebanyak mungkin komponen plastik di produk Cake dengan kertas,” kata PaperShell dalam siaran persnya. “Perjalanan dimulai sekarang dan kami semua sangat senang dengan hal itu.” Jelas Stefan. Menurut rencana, Cake akan menerapkan kebijakan baru mereka ini pada tahun 2025 mendatang dan implentasinya akan dilakukan pada motor listrik mereka yang bergenre supermoto.

comments

`