caption trialgame

Inovasi Trail Listrik, Siap Untuk Offroad!

Wednesday, 3 February 2021

Inovasi Trail Listrik, Siap Untuk Offroad!


Sambil menunggu motor listrik besutan anak negeri sendiri rilis, gak ada salahnya dong untuk menyimak motor listrik bergenre offroad besutan pabrik Volcon asal Texas Amerika Serikat.  Motor yang diberi nama Volcon Grunt ii memiliki desain serta spesifikasi yang cukup menarik hingga rasanya sayang jika tidak membahasnya lebih lanjut.

Oh iya Volcon sendiri sebenarnya adalah perusahaan startup yang memproduksi kendaraan listrik. Jadi mereka bukan merupakan pabrikan otomotif ya. Volcon Grunt sudah diperkenalkan pertama kali pada bulan Oktober 2020 lalu. Namun motor listrik ini baru akan dijual pada musim semi atau antara bulan Maret sampai Mei 2021.

Dari segi desain, motor listrik ini mirip motor scrambler dengan rangka terekspos dan ban yang sangat besar. Walau mirip motor scrambler, tersemat fitur modern seperti sok depan upside down dan lampu depan LED. Makanya Volcon Grunt cocok dipakai off-road, baik untuk pekerjaan lapangan atau sekedar main-main saja.

Volcon Grunt dibekali baterai 60 Volt dan motor penggerak listrik berdaya 37 kW. Motor penggerak itu diklaim mampu menghasilkan tenaga 50 dk dengan torsi maksimum 102 Nm. Motor listrik off-road ini juga diklaim punya top speed 97 km/jamBerkat torsinya yang besar, dari nol sampai top speed itu mampu diraih hanya dalam waktu 6 detik. Ditambah dengan pemakaian baterai 60 Volt, motor listrik ini mampu menempuh jarak hingga 160 kilometer. Selain itu, baterai Volcon Grunt juga bisa diganti dengan mudah.

Motor listrik ini menampilkan beberapa pengaturan daya dan respons throttle yang dapat  isesuaikan. Sehingga bikers baru atau yang sudah berpengalaman dapat menikmati motor listrik off-road dengan aman. Keunggulan lain dari Volcon Grunt adalah motor listrik ini sudah tahan air dan memenuhi standar sertifikasi IP67. Buat Anda yang gemar trabasan di lintasan basah, tentu gak bakal khawatir jika menggunakan motor ini.

Lalu gimana harga jualnya? Di Amerika Serikat sendiri, menurut rencana motor ini akan dipasarkan dengan harga mendekati 6 ribu dollar, atau jika dikonversi ke rupiah sekitar 84 juta lebih. Cukup lumayan tapi jangan berharap harga yang sama ya jika motor ini dirilis di Indonesia.

 

comments

`