caption trialgame

Jaga Fisik Saat Mudik Dengan Motor!

Tuesday, 26 April 2022

Jaga Fisik Saat Mudik Dengan Motor!


Buat Anda yang mudik menggunakan motor trail kesayangan Anda, selain mempersiapkan motor Anda juga harus mempersiapkan kondisi fisik diri sendiri ya. Maklum saja biasanya mudik dilakukan dalam kondisi berpuasa, nah dalam kondisi menahan lapar dan haus, biasanya daya konsentrasi bakal berkurang. Dan hal ini tentu akan sangat berbahaya jika Anda menempuh perjalanan jarak jauh.

Nah melalui artikel ini kami akan coba jelaskan mengenai beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar fokus saat berkendara di kala mudik tetap terjaga, meskipun sedang berpuasa. Simak ulasannya ya.

Meski berpuasa namun rutinitas keseharian tetap dilakukan. Dalam kondisi menahan lapar dan haus, mobilitas sehari-hari berkendara roda dua tetap dijalankan. Tapi karena asupan makan dan minum dibatasi, biasanya daya konsentrasi berkurang. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar fokus berkendara tidak menurun.

Yanga pertama adalah mengkonsumsi makanan sahur yang bernutrisi. Makan sahur dengan porsi cukup agar bisa mengisi tenaga selama 13-14 jam. Baiknya perbanyak makanan yang mudah mengenyangkan dan efeknya cukup lama. Anda bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah yang mengandung banyak serat. Selanjutnya perbanyak buah dan sayuran agar pencernaan sehat. Terakhir jangan lupakan protein, seperti susu atau aneka jenis daging. Jangan lupa minum air putih saat sahur 3-4 gelas, tujuannya agar tubuh tidak cepat dehidrasi saat di bawah terik sinar matahari. Bila tidak dilakukan, efeknya Anda bisa mudah lemas saat berada di luar ruangan karena jumlah nutrisi yang masuk ke badan berkurang.

Oh iya saat berada di perjalanan, tubuh pasti terpapar sinar matahari cukup lama. Kalau menggunakan pakaian kurang nyaman, tubuh bisa jadi mudah berkeringat. Misalnya jika menggunakan pakaian hitam atau jaket berwarna hitam, sebab akan menyerap panas dengan baik sehingga kondisi dehidrasi tidak bisa dihindari. Coba gunakan jaket dengan berkelir netral, lalu pakaian yang digunakan di dalam juga tidak terlalu panas serta berbahan lembut seperti katun.

Saat mudik biasanya banyak pengendara lain yang berkedandara dengan terburu-buru.  Sudah sepatutnya, sebagai pengendara yang paham safety riding harus lebih berhati-hati. Atur kecepatan motor sesuai kondisi jalan. Bila bertemu kemacetan berkendaralah perlahan, tidak disarankan menyalip secara sembarangan.

Agar tubuh tetap fit, jangan lupa berolahraga setiap harinya atau seminggu 3-4 kali. Setiap pagi atau sore jelang berbuka sempatkan 15-30 menit untuk jogging atau angkat beban. Pola hidup yang sehat memang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi saat berpuasa. Anda diharuskan untuk memenuhi kebutuhan tidur 6-8 jam setiap harinya. Jika merasa lelah dan konsentrasi berkurang, pastikan untuk segera beristirahat. Hentikan motor, buka helm dan lakukanlah peregangan tubuh. Bahkan bila benar-benar lelah, tidur lebih baik untuk mengembalikan kondisi tubuh Anda.

Namun setelah tidur atau istirahat sebisa mungkin jangan langsung berkendara ya. Berikan jeda sekitar 15 menit untuk memulihkan konsentrasi terlebih dulu, setelahnya baru boleh berkendara. Jangan lupa juga untuk lakukan peregangan tubuh sebelum menaiki motor, agar kondisi badan tetap fit di perjalanan. Hati-hati di jalan, semoga selamat sampai ditujuan dan kembali ke rumah dalam keadaan sehat ya.

 

comments

`