caption trialgame

Jaga Lampu Headlight Motor Trail Tetap Prima!

Wednesday, 23 February 2022

Jaga Lampu Headlight Motor Trail Tetap Prima!


Buat penggemar motor trail, lampu headlight terkadang memang tidak perlukan. Apalagi jika Anda motor trail Anda tidak digunakan secara harian. Namun jika Anda gemar trabasan malam hari, dan menggunakan motor trail secara harian, komponen ini amat vital lho.

Pabrikan sepeda motor memang biasanya sudah melengkapi motor trail dengan headlight, namun tidak sedikit juga yang kemudian menggantinya dengan jenis LED karena dianggap lebih terang dibandingkan bohlam, maklum saja trabasan malam hari kalo menggunakan penerangan seadanya bisa-bisa membahayakan bukan?

Nah lalu apakah ada perawatan khusus yang harus dilakukan jike menggunakan headlight jenis ini? Ternyata perawatan lampu ini tidak berbeda dengan jenis lampu lainnya lho, tidak ada hal khusus yang harus Anda lakukan.

Yang terpenting dilakukan agar lampu tetap dalam kondisi prima adalah mengecek kondisi mika, kangan sampai mika lampu retak atau pecah. Jika mika lampu retak atau pecah bisa ditakutkan bisa terjadi arus pendek saat lampu terkena air hujan atau mencuci motor. Selain mengecek kondisi mika, perhatikan juga kondisi seal atau lem pada batok lampu. Jangan sampai seal terkelupas yang membuat air bisa masuk. Hal ini bisa menyebabkan konsleting pada lampu. Dan yang terakhir adalah cek kondisi aki,

Terang redupnya lampu LED sangat bergantung pada suplai arus listrik. Karenanya menjaga tegangan arus listrik pada kendaraan menjadi sangat penting. Untuk itu perlu mengecek kondisi aki motor agar usia lampu LED motor bisa semakin panjang.

Oh iya kendati lampu LED berusia lebih panjang dibandingkan dengan lampu bohlam, namun lampu jenis ini sering dikeluhkan sering putus lho. Ada beberapa penyebabnya sih, yang utama adalah terkena air.  Pada motor lama bagian karet rumah lampu mulai kehilangan kelenturannya atau menjadi keras dan mudah retak. Longgarnya karet rumah lampu tersebut memudahkan air untuk masuk ke dalamnya. Lebih berbahaya lagi jika air masuk ke dalam reflektor. Akibatnya adalah lampu motor mudah putus.

Kemudian adanya korsleting pada Kabel.  Kabel pada sistem kelistrikan motor cukup rumit dan sering menjadi penyebab lampu motor putus. Alasannya kabel yang dipasang mengalami korsleting, akibatnya Anda akan sering membeli lampu baru karena arus yang terlalu tinggi merusak lampu.  Bagian kabel lampu mungkin saja ada yang putus sehingga harus diperbaiki. Menelusuri bagian mana kabel yang rusak kemudian menggantinya adalah satu-satunya cara untuk memperbaiki.

Penyebab lampu motor sering putus selanjutnya bisa berasal dari soket. Pada saat menggunakan soket berkualitas rendah, biasanya dari produk aftermarket akan mempercepat lampu putus. Oleh karena itu pastikan untuk selalu menggunakan soket lampu dari bengkel resmi sehingga Anda memperoleh produk dengan kualitas terbaik atau asli. Memang masih banyak sih penyebab lainnya, namun tiga hal di atas adalah yang paling sering terjadi. Jadi perhatikan secara seksama ya.

comments

`