caption trialgame

Jaga Performa Motor Trail di Musim Hujan !

Wednesday, 11 November 2020

 


Akhir tahun biasanya musim hujan bakal kembali menyapa Indonesia. Saat ini saja, kendati memang belum merata dan frekuensinya masih belum intesif, guyuran hujan sudah mulai terjadi di sebagian wilayah Indonesia. Perlu diingat bahwa hujan pasti akan membuat kondisi lintasan dan medan yang biasanya ditempuh menjadi lebih kotor dan lebih berat. maka dari itu, di musim hujan ini motor trail membutuhkan perawatan ekstra karena air hujan mengandung zat asam yang bisa merusak cat hingga menimbulkan karat pada bagian motor.  Apa saja sih yang harus dilakukan agar motor trail tetap terawat di musim hujan? Simak tips dari kami ya.

Bukan di musim hujan pun mencuci motor menjadi sesuatu yang wajib bagi pencinta motor trai. Tujuan utama tentu saja untuk untuk membersihkan berbagai kotoran dan noda yang menempel di body motor trail pasca berpetualang. Namun mencuci motor trail sehabis terkena hujan akan membuat  zat asam yang terkandung di air hujan akan hilang sehingga tidak menimbulkan karat di bagian logam motor. Jika rasa malas melanda, ada baiknya motor anda di siram saja dengan menggunakan air bersih untuk membilas zat asam yg menempel.  

Tapi jangan hanya membersihkan bodi motor saja ya masih ada beragam komponen yang harus dibersihkan yaitu rantai, kampas rem, piston cakram, knalpot, busi dan saringan udara ya. Bersihkan rantai motor dengan menggunakan sabun dan bilas dengan menggunakan air bersih. Tapi jangan lupa setelah itu berikan cairan pelumas atau gemuk pada rantai agar kinerjanya tetap sempurna.

Kampas rem biasanya terbuat dari bahan asbes yang sangat mudah mengembang ketika terkena air dalam waktu lama. Selain itu, kampas rem juga cepat mengeras jika sudah kering. Akibatnya, rem menjadi keras ketika ditekan. Hal ini tentu amat membahayakan dan mengganggu performa rem. Semprot bagian kampas rem dengan air bersih lalu nyalakan motor kemudian sambil menginjak pedal rem, supaya rem kering dengan sempurna dan bersih dari kotoran akibat genangan air.

Leher dan bagian dalam knalpot sangat mudah keropos jika sering terkena kotoran, apalagi kotoran itu bercampur dengan air hujan yang bersifat merusak. Oleh karena itu, jika ada air masuk ke  bagian ini maka sebaiknya segera dikeluarkan. Setelah dicuci bersih kemudian panasi mesin dan semprotkan oli ke dalam bagian knalpot serta olesi bagian leher knalpot dengan pelumas. Hal ini dimaksudkna untuk mencegah terjadinya karat pada bagian-bagian tersebut.  

Busi merupakan komponen motor yang sangat vital dan perlu diperhatikan secara ekstra di musim penghujan. Jangan lupa untuk mencabut karet penutup busi kemudian dibersihkan dengan lap. Begitu pun dengan kabel serta businya. Kenapa? Busi yang basah bisa menghambat sistem pengapian motor trail Anda.

Nah yang terakhir setelah motor Anda kembali kinclong akibat dibersihkan, jangan lupa untuk membersihkan saringan udara ya.   Saringan Udara merupakan unsur penting untuk pembakaran bahan bakar di ruang bakar mesin. Bila piranti ini basah karena air hujan masuk atau merembes ke dalam, maka udara akan bercampur embun. Jika dibiarkan saja, motor akan mudah ngadat. Sebaiknya filter udara sering dibersihkan terlebih jika sering terkena air.

comments

`