caption trialgame

Jangan Abaikan Pelek Motor Trail Anda ya!

Wednesday, 4 May 2022

Jangan Abaikan Pelek Motor Trail Anda ya!


Pelek jari-jari motor merupakan salah satu  jenis pelek yang banyak digunakan pada motor klasik atau motor off-road. Berbeda dengan pelek palang yang terdiri dari besi-besi berukuran tebal, pelek jari-jari terdiri dari gabungan banyak tangkai besi yang dipasangkan saling menyilang. Karena terdiri dari rangkaian besi tipis, pelek ini akan terasa ringan namun tetap kokoh, dan dapat memudahkan motor untuk bermanuver di berbagai medan.

Meskipun begitu, perawatan pelek jari-jari cenderung lebih sulit dibandingkan pelek jenis lainnya. Banyaknya jari-jari pelek membuatnya lebih susah untuk dicuci, sehingga seringkali meninggalkan karat. Pelek jari-jari yang sudah mulai berkarat harus segera diganti bagian jari-jarinya, agar tidak patah dan menyebabkan kerusakan pada bagian karet ban.

Ada tanda sederhana yang mengindikasikan bahwa pelek pada motor trail Anda perlu diganti. Yakni saat pelek karat atau keropos, karena umur pakai yang sudah lama atau di daerah yang mudah menimbulkan karat. Pelek rusak yang tidak segera diperbaiki atau diganti dapat menyebabkan kebocoran ban. Bagian dalam karet ban juga bisa sobek, akibat bentuk pelek yang sudah tidak proposional lagi.

Nah sebagai pemilik motor, Anda  harus segera melakukan penyetelan apabila jari-jari pada pelek motor trail sudah terasa tidak kencang. Dan wajib sering memeriksa secara berkala  pada bagian jari-jari pelek. Apabila kendur,  harus disetel ulang. Apalagi jika gemar membawa motor trail ke medan offroad, sudah menjadi hal yang tidak terbantahkan untuk rutin memeriksakan komponen ini ya.

Untuk menghindari kerusakan pelek jari-jari, rajinlah membersihkan serta memperhatikan kebiasaan berkendara. Lakukan pembersihan bagian ring pelek dan jari-jari, untuk mengurangi timbulnya karat pada pelek.  Hati-hati apabila melewati jalan yang berlubang. Karena kalau diterjang, bisa mengakibatkan pelek penyok. Kalo sudah penyok biasanya solusi terbaik adalah menggantinya dengan yang baru, karena kendati bisa diperbaikan namun performa pelek tersebut sudah tidak optimal lagi. Dan jika motor trail Anda digunakan secara harian, akan membuatnya rentan mengalami kecelakaan.

comments

`