caption trialgame

Jangan Asal Pasang Ban Supermoto Untuk Lomba

Monday, 1 April 2019

   Rasanya masih banyak yang mengira bahwa supermoto atau motard adalah motor trail dual purpose yang menggunakan ban jalanan biasa. Definisi ini tidak salah sih, tapi jika supermoto tersebut turun dalam sebuah ajang kompetisi misalnya Trail Game Asphalt, maka ban yang digunakan bukan sekedar ban jalanan biasa lho.

   Ada beberapa penjelasan mengenai kekhususan ban supermoto yang digunakan untuk sebuah kompetisi. Pada dasarnya Supermoto memiliki bobot lebih ringan dan memiliki daya kemiringan saat menikung yang lebih miring dibandingkan dengan motor sport biasa. Kendati demikian top speed maupun cornering speed dari Supermoto lebih rendah dari motor sport biasanya. Ditambah lagi adanya titik-titik spot track offroad ringan pada lintasan lomba supermoto , yang kemudian mendasari perbedaan struktur dan kompon karet Ban untuk supermoto. Nah kita akan bahas lebih lanjut mengenai ban supermoto yang digunakan di ajang lomba ya, jadi simak ulasannya ya.

   Mengenai Kompon Karet yang digunakan ban supermoto didesain dan diformulasikan untuk bisa menangani bobot yang ringan dari supermoto, serta bisa menghadirkan suhu ban yang tepat/ optimal ( operating temperature ) bahkan di saat menikung dengan kecepatan rendah. Ban tersebut harus bisa mencengkram aspal dengan sempurna saat Anda saat mencoba menikung di tikungan tusuk konde yang sempit yang mungkin hanya bisa dilibas dengan kecepatan 20 km/jam . .

   Bila Ban Sportbike butuh profil lebih membulat untuk bisa menghasilkan path kontak yang bagus saat kecepatan tinggi, sedangkan profil ban supermoto dibuat untuk menghasilkan gerakan transisi dari kanan ke kiri atau sebaliknya dengan cepat .

   Sebagai contoh nyatanya adalah, Jika sportbike biasa menggunakan ban ukuran 120/60-17 di depan, maka untuk supermoto dibutuhkan ban depan dengan ukuran 120/80-70 . Variabel 80 pada ban tersebut artinya side wall 80% dari lebar ban menghadirkan sidewall lebih vertikal dibanding ban sportbike biasa .

   Mayoritas Ban yang dipakai saat kompetisi supermoto adalah ban slick, mirip seperti yang dipakai di sport bike, namun jelas slicknya punya kompon karet yang berbeda dibandingkan ban sportbike.K arena harus punya suhu optimal di kecepatan rendah dan sidewall lebih vertikal.Selain slick, profil atau kembang bannya pun terbilang minimalis. Nah jadi ternyata lumayan signifikan juga ya perbedaan antara ban supermoto harian dan lomba.

 

comments

`