caption trialgame

Jangan Langsung Nyalakan Mesin Motor Trail Injeksi!

Wednesday, 28 July 2021

Jangan Langsung Nyalakan Mesin Motor Trail Injeksi!


Hampir sebagian besar motor trail terbaru yang beredar di Indonesia sudah memiliki teknologi injeksi, yang memenuhi standar emisi Euro III. Tapi tidak sedikit juga yang masih memperlakukan motor trail injeksi layaknya motor trail yang menggunakan karburator. Hal yang paling sederhana adalah cara menghidupkan motor trail injeksi.

Masih banyak pemiliki motor trail injeksi yang langsung menyalakan mesin ketika kontak baru diputar. Padahal, idealnya menunggu sampai melihat lampu indikator (injeksi) biasanya berkelir oranye pada speedometer mati atau setelah engine check. Memang menghidupkan motor trail injeksi dengan cara seperti itu memang tidak memunculkan masalah serius. Tetapi sebagai bentuk perawatan agar motor lebih awet, maka sedianya lakukanlah hal yang benar.

Ketika kunci kontak dalam posisi "on", pompa bahan bakar belum bekerja seperti standar optimal mesin. Akibatnya, diawal mesin sepeda motor tidak langsung bekerja di suhu optimum. Oleh karena itu, sistem pada motor membutuhkan waktu untuk penyesuaian. Jika mesin langsung dinyalakan setelah kontak diposisikan dalam keadaan "on", maka yang terjadi adalah penggunaan bahan bakarnya akan lebih banyak. Selain itu, tenaga mesin tidak langsung bekerja maksimal dan emisi gas buangnya juga tinggi.

Pengaruh lainnya adalah motor menjadi sulit dinyalakan. Sebab, mesin belum menyesuaikan kondisi suhu lingkungan. Untuk dipahami bahwa sistem injeksi menyimpan data saat motor dimatikan (off). Oleh karena itu, saat dihidupkan kembali tanpa menunggu indikator mati maka data lama atau data ketika dimatikan itulah yang digunakan.

Jika komponen injeksi dalam masalah, biasanya lampu ini akan memberikan kode tertentu berupa kedipan atau justru lampunya tidak mau mati. Durasi dan jumlah kedipan lampu ini berbeda sesuai dengan jenis kerusakan dan produk sepeda motornya.

Jika muncul tujuh kedipan saat motor dinyalakan, kemungkinan motor Anda mengalami masalah di bagian engine oli temperature atau engine coolent temperature. Kalau delapan kedipan muncul, bisa jadi datangnya dari sensor throttle position. Kalau komponen injeksi motor masih normal, lampu ini hanya akan menyala sebentar, kemudian mati. Nah, saat lampu indikatir mati inilah kamu bisa mulai menghidupkan motor dengan menggunakan electric strater atau kick starter ya.

comments

`